Kompas.com - 19/07/2021, 15:03 WIB
Ilustrasi anjing Unsplash/Alvan NeeIlustrasi anjing

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik anjing, anjing dan anak anjing yang suka menjilati sesuatu bukanlah hal aneh. Perilaku ini sama dengan kebiasaan mengibaskan ekor, memiringkan kepala, dan menggonggong.

Namun, apabila anjing menjilat secara berlebihan, hal ini dapat menandakan beberapa masalah kesehatan, termasuk rasa sakit, kecemasan, dan alergi.

Baca juga: Bukan Mau Tidur, Ini Alasan Anjing dan Kucing Menguap

Untuk itu, Anda harus segera menghubungi dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Melansir dari laman Better Homes and Gardens, Senin (19/7/2021), berikut ini lima alasan anjing menjilat secara berlebihan

Baca juga: 5 Tanda Anjing Bosan dan Perlu Jalan-jalan

Sakit

Menjilat bisa menjadi salah satu cara anjing mengurangi rasa sakit. Jika anjing terus-menerus menjilati tempat yang sama, kemungkinan besar ada sesuatu yang mengganggunya di area tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Coba periksa area tersebut. Apakah terdapat benjolan, lesi, dan benda asing serta pantau bagaimana anjing bergerak untuk melihat apakah radang sendi atau cedera mungkin menjadi masalahnya. 

Segera menghubungi dokter hewan apabila anjing mengalami anak anjing kesakitan. Dokter akan membantu mendiagnosis masalah dan memberikan pilihan pengobatan.

Baca juga: 6 Fungsi Pagar Pembatas untuk Anjing

Alergi

Kulit yang gatal juga bisa memicu jilatan obsesif di area tertentu. Periksa tubuh anjing apakah ada gatal-gatal, ruam, atau kutu yang mungkin mengganggunya.

Jika anjing baru-baru ini berada di luar, hal itu bisa menjadi reaksi terhadap alergen lingkungan, terutama apabila masalahnya berada di dekat kaki mereka.

Cobalah memandikan anjing dengan air hangat untuk menghilangkan potensi iritasi dan menenangkan kulitnya. 

Baca juga: 5 Fakta Unik Anjing Corgi yang Jadi Kesayangan Ratu Elizabeth 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.