Kompas.com - 19/07/2021, 12:10 WIB
Ilustrasi kucing Bengal. PIXABAY/ISHMAN000Ilustrasi kucing Bengal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan kucing domestik memiliki usia rata-rata sekitar 15 tahun, adapun beberapa yang hidup lebih dari 30 tahun dalam kasus yang jarang terjadi.

Umur kucing yang panjang ini disebabkan oleh banyak alasan, termasuk diet dan genetika, tetapi secara keseluruhan, kucing yang sehat dan dirawat dengan baik umumnya akan hidup antara 12 dan 15 tahun.

Dikutip dari Excited Cats, Senin (19/7/2021), beberapa ras kucing secara alami hidup lebih pendek, tidak peduli makanan dan lingkungan mereka. Kucing hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran yang sangat besar, dan ras kucing yang berbeda memiliki rentang hidup yang sangat berbeda.

Baca juga: Bukan Mau Tidur, Ini Alasan Anjing dan Kucing Menguap

Meskipun masa usia kucing jauh lebih dipengaruhi oleh pola makan, gaya hidup, lingkungan, dan penyakitnya, genetika juga dapat memainkan peran besar.

Kucing rumahan vs kucing liar

Sebagian besar dokter hewan setuju bahwa memelihara kucing di dalam ruangan lebih bermanfaat. Gaya hidup di dalam ruangan jauh lebih aman bagi kucing, mencegah mereka tertabrak mobil, diserang hewan lain atau berpotensi sakit.

Kucing pun masih bisa berolahraga cukup dengan tinggal di dalam ruangan dengan pohon panjatan kucing atau persediaan mainan yang stabil. Selain itu, kucing masih bisa mendapatkan banyak sinar matahari dan udara segar dari teras yang disekat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harapan hidup rata-rata kucing rumahan jauh lebih tinggi daripada kucing luar, seperti halnya kucing yang disilangkan versus ras murni. Secara umum, kucing rumahan dapat hidup hingga 20 tahun atau lebih dalam beberapa kasus.

Baca juga: Cara Merawat Kucing yang Sudah Tua dan Memastikannya Nyaman

Adapun usia harapan hidup kucing liar mungkin kurang dari 10 tahun karena risiko lingkungan. Menurut sebuah penelitian, penyebab kematian tertinggi pada lebih dari 4.000 kucing adalah trauma dari aktivitas di luar ruangan.

Kucing yang kelebihan berat badan juga dapat secara dramatis mengurangi harapan hidup, dengan beberapa perkiraan hingga pengurangan umur 6 bulan untuk setiap tambahan berat badan 4 kilogram.

Berikut beberapa ras kucing yang memiliki usia harapan hidup paling pendek.

1. Abyssinian

Abyssinian adalah jenis kucing domestik berbulu pendek dengan warna bulu yang khas. Ras ini diperkirakan berasal dari Abyssinia, sekarang Ethiopia, dan secara luas diyakini sebagai salah satu ras kucing domestik tertua di dunia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.