Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Membersihkan Rumah Saat Menjalani Isolasi Mandiri

Kompas.com - 19/07/2021, 19:52 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber CDC

JAKARTA, KOMPAS.com- Penyebaran virus Covid-19, khususnya varian Delta, telah membuat banyak masyarakat Indonesia terinfeksi.

Akibatnya, ada banyak orang yang harus menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing. 

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Ini Cara Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Sehat

Untuk itu, ketika ada anggota keluarga di rumah yang sedang menjalani isoman, penting bagi penghuni lainnya memastikan rumah tetap bersih dari virus.

Dilansir dari CDC, Senin (19/7/2021), berikut ini panduan membersihkan rumah saat menjalani isolasi mandiri. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kamar Tidur Setelah Isolasi Mandiri Covid-19

Bersihkan secara teratur

Langkah awal yang dapat dilakukan adalah membersihkan rumah menggunakan pembersih rumah tangga yang mengandung sabun atau detergen guna mengurangi jumlah kuman di permukaan dan mengurangi risiko terinfeksi dari permukaan.

Setelah itu, semprotkan disinfektan untuk mengurangi penularan Covid-19 di rumah dari anggota yang sedanga menjalani isoman. 

Baca juga: Air Purifier Laris Manis Saat Pandemi Covid-19

Kapan dan bagaimana membersihkan permukaan rumah

  • Bersihkan permukaan yang sering disentuh secara teratur atau setiap hari dan setelah ada tamu datang ke rumah.
  • Fokuskan pembersihan pada permukaan dengan sentuhan tinggi seperti gagang pintu, meja, pegangan, sakelar lampu, dan meja dapur.
  • Bersihkan permukaan lain di rumah saat terlihat kotor atau sesuai dengan kebutuhan. Bersihkan dan semprotkan disinfektan lebih sering jika anggota keluarga memiliki gejala Covid-19 yang cukup parah.
  • Bersihkan setiap permukaan menggunakan produk disinfektan yang sesuai untuk setiap permukaan, dengan mengikuti petunjuk pada label produk. 

Baca juga: Benarkah Air Purifier Bisa Membasmi Virus Corona?

Mengurangi kontaminasi permukaan

Ambil langkah-langkah penting untuk membatasi kontaminasi permukaan dari partikel di udara atau menyentuh permukaan dengan tangan yang terkontaminasi.

Caranya, meminta tamu atau anggota keluarga yang belum divaksinasi lengkap untuk memakai masker.

Selain itu, mintalah semua orang di rumah untuk sering mencuci tangan, terutama saat kembali dari beraktivitas di luar rumah. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Mencuci Masker Kain dengan Mesin Cuci dan Tangan

Disinfeksi rumah 

Apabila ada angggota keluarga yang positif Covid-19 dalam waktu 24 jam, segera mendisinfeksi rumah  24 jam terakhir.

Disinfektan membunuh kuman yang tersisa di permukaan dan mengurangi penyebaran kuman. Jauhkan disinfektan dari jangkauan anak-anak. 

Gunakan produk disinfektan yang efektif melawan virus Covid-19 dan semportkan ke area yang dilalui anggota keluarga yang terinfeksi. 

Baca juga: Produk-produk di Rumah yang Bisa Jadi Disinfektan

Pastikan ventilasi memadai saat menggunakan disinfektan. Jaga pintu dan jendela agar tetap terbuka serta gunakan kipas angin untuk membantu meningkatkan aliran udara. 

Jangan lupa untuk tetap menerapak protok kesehatan saat di rumah, baik mereka yang positif maupun negatif. Mulai dari, rutin mencuci tangan saat memegang benda di rumah, menggunakan masker, menjaga jarak, hingga mengenakan sarung tangan bila diperlukan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CDC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com