Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Keladi Tumbuh Subur dan Berdaun Lebat

Kompas.com - 18/06/2021, 16:30 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keladi atau Caladium merupakan tanaman hias dari kelompok Araceae yang masih satu rumpun dengan aglonema.

Meski terdiri atas berbagai jenis dengan karekteristik daun berbeda, ciri khas dari tanaman keladi memiliki bentuk daun yang menyerupai simbol hati atau love

Baca juga: Daun Keladi Terkulai Lemas? Ini Penyebabnya

Jika kamu adalah pengoleksi tanaman ini, ada beberapa cara membuat keladi tumbuh subur, rimbun, dan berdaun lebat agar tampilannya semakin mempesona. 

Dikutip dari kanal YouTube TanamanHias Bunga85, Jumat (18/6/2021), berikut cara membuat tanaman keladi tumbuh subur, rimbun, dan berdaun lebat. 

Baca juga: 10 Jenis Keladi Hias Populer, Sudah Punya?

Rutin disiram dengan air larutan micin

Cara pertama yang perlu dilakukan agar tanaman keladi tumbuh subur, rimbun, dan berdaun lebat adalah menyiramnya dengan air larutan micin. 

Caranya, larutkan sekitar setengah sendok teh atau kurang-lebih lima sampai enam gram micin ke dalam satu liter air. Siram larutan micin dengan takaran kurang-lebih 100 mililiter per tanaman keladi. 

Jangan lupa untuk menyiram tanaman keladi setiap minggu sekali. Selain itu, air larutan micin bisa kamu tambahkan dengan vitamin B1 maupun pupuk NPK mutiara biru. 

Baca juga: Berapa Lama Keladi Merah Dapat Terpapar Sinar Matahari?

Pastikan terpapar cahaya matahari

Mungkin kamu pernah memelihara keladi yang daunnya tumbuh satu, tapi rontok satu. Hal itu mungkin terjadi karena kurangnya paparan cahaya sinar matahari atau tanaman keladi diletakkan di tempat yang terlalu teduh.

Untuk itu, letakkan keladi di tempat yang terkena paparan cahaya sinar matahari secara tidak langsung seperti di bawah pohon yang rindang atau paranet. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Keladi di Musim Hujan

Sesuaikan pot dengan ukuran keladi

Pot yang tidak sesuai dengan ukuran tanaman keladi turut mempengaruhi keladi sulit tumbuh subur, rimbun, dan berdaun lebat.

Jadi, semakin besar keladinya, semakin besar pula pot yang digunakan agar media tanam yang ada di pot mampu menopang batang keladi yang lunak.

Petik daun keladi yang layu

Untuk daun keladi cepat tumbuh, kamu bisa memetik daun keladi yang sudah layu atau batang keladi yang sudah mau patah. 

Baca juga: Trik Bikin Tanaman Keladi Jadi Rimbun dengan Memotong Umbinya

Usir hama

Kamu juga perlu mengecek hama di bawah daun keladi secara rutin agar daunnya bisa diselamatkan. Untuk lebih aman dari hama, semprotkan insektisida ke tanaman keladi setiap dua minggu sekali.

Siramkan air dengan rutin

Pada dasarnya, keladi adalah tanaman yang menyukai banyak air. Jadi, jangan lupa menyiramnya secara rutin. Namun, sebelum menyiram tanaman keladi, pastikan media tanamnya sudah hampir kering baru disiram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com