Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Menghilangkan dan Mencegah Noda Karat pada Pisau

Kompas.com - 18/06/2021, 12:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisau dapur merupakan salah satu peralatan dapur yang digunakan setiap hari.

Namun, sayangnya pisau juga merupakan peralatan dapur yang sering disalahgunakan, mulai dari untuk memotong berbagai bahan makanan bahkan di luar dari bahan makanan hingga perawatan yang tidak diperhatikan dengan baik.

Dilansir dari Cnet, Jumat (18/6/2021), banyak orang yang mencuci pisau menggunakan mesin pencuci piring, padahal hal tersebut tidak dibenarkan karena akan menyebabkan pisau berkarat.

 

Baca juga: 6 Jenis Pisau Dapur yang Patut Diketahui

Atau mencucinya dengan benar, namun langsung memasukkannya atau meletakkannya di laci bersamaan dengan benda lainnya, hal ini juga akan menyebabkan pisau berkarat. Jika sudah berkarat, ada cara yang mudah dilakukan, dengan bahan alami sebagai berikut.

Cara menghilangkan noda karat pada pisau

Untuk menghilangkan noda karat dengan cepat dari pisau, Anda memerlukan tiga bahan yaitu cuka putih, cangkir tinggi, dan spons scrub.

Setelah bahan-bahannya terkumpul, isi gelas dengan cuka putih secukupnya, kemudian masukkan pisau berkarat ke dalamnya dan diamkan selama lima menit.

Cuka akan membantu mengendurkan noda karat pada pisau. Setelah lima menit, gosok pisau dengan scrub untuk menghilangkan karat yang masih menempel.

Baca juga: Manfaat Kentang, Bersihkan Pisau Berkarat hingga Lensa Kacamata

Mencegah pisau berkarat

Untuk semua mata pisau, seka mata pisau dengan kain yang dibasahi minyak sesering mungkin. Ini akan mencegah karat, terutama bagi mereka yang tinggal di iklim panas, lembap atau dekat dengan laut.

Jika pisau Anda basah dengan air garam atau zat korosif lainnya, langkah pertama adalah membersihkan secara menyeluruh dengan air keran. Kemudian keringkan dengan baik dan oleskan sedikit minyak.

Buatlah jadwal rutinitas untuk membersihkan pisau. Bukan hanya bilahnya, tetapi juga gagangnya. Sebab, kotoran dan zat lain dapat menyebabkan karat seiring waktu. 

Selain itu, selalu keringkan pisau segera mungkin setelah dicuci, karena pisau dengan keadaan basah akan menimbulkan karat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com