Kompas.com - 18/06/2021, 12:40 WIB
Ilustrasi lavender Ilustrasi lavender

KOMPAS.com - Aroma yang kuat dan warna bunga yang cerah, menjadikan tanaman lavender sebagai salah satu tanaman yang paling mudah dikenali.

Selain itu, tanaman lavender juga termasuk dalam tumbuhan herbal yang memiliki banyak khasiat serta manfaat kesehatan untuk pengobatan, kecantikan, dan kuliner.

Misalnya, aromanya yang khas dijadikan sebagai campuran dan bahan utama pembuatan kosmetik hingga aroma terapi untuk menghilangkan stres juga cemas. Tak hanya itu, lavender memiliki banyak fakta unik dan menarik yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Kenapa Bunga Lavender Layu? Ternyata Ini Penyebabnya

Melansir dari Better Homes & Gardens, Jumat (18/6/2021), berikut ini fakta unik tanaman lavender.

1. Memiliki banyak manfaat

Nama lavender berasal dari bahasa latin yakni 'lavere' yang berarti 'mencuci'. Dinamai demikian karena bunga lavender digunakan dalam berbagai campuran produk kosmetik seperti sampo, pembersih wajah, sabun tangan, hingga pengharum ruangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lavender tak hanya memiliki aroma yang menenangkan, tetapi juga bisa menjadi tanaman pengusir nyamuk.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Lavender tak hanya memiliki aroma yang menenangkan, tetapi juga bisa menjadi tanaman pengusir nyamuk.

Bahkan, lavender juga didaulat sebagai tanaman dengan banyak manfaat kesehatan seperti menenangkan luka bakar, membuat tidur lebih nyenyak, mengurangi kecemasan dan stres, hingga mengobati sakit otot dan sendi.

Selain itu, tanaman lavender juga digunakan dalam berbagai campuran kuliner seperti kue dan minuman.

Baca juga: Harus Tahu, Berikut Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan

2. Digunakan sejak ribuan tahun lalu

Lavender berasal dari wilayah Mediterania, Afrika Timur Laut, dan Asia Barat Daya, dan telah tumbuh di wilayah tersebut selama lebih dari 2.500 tahun.

Di Mesir kuno, lavender digunakan dalam proses mumifikasi untuk mengharumkan mayat. Sementara itu, orang Yunani kuno menggunakan lavender untuk mengobati penyakit ringan seperti sakit kepala dan gangguan pencernaan.

 

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X