Kompas.com - 18/06/2021, 14:10 WIB
Ilustrasi tikus, serangan tikus merajalela di Queensland dan New South Wales, Australia. Ribuan tikus bermunculan diduga karena panen gandum. SHUTTERSHOCK/Carlos AranguizIlustrasi tikus, serangan tikus merajalela di Queensland dan New South Wales, Australia. Ribuan tikus bermunculan diduga karena panen gandum.

JAKARTA, KOMPAS.com- Tikus adalah hewan pengerat yang menjadi momok bagi banyak orang. Tak hanya menjadi hama bagi para petani, tikus juga dapat merusak bangunan rumah, baju, juga furnitur

Selain pestisida dan racun tikus, ada cara alami yang bisa dilakukan untuk membasmi tikus di rumah, yakni menggunakan tanaman.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Bangkai Tikus dari Rumah

Setidaknya, ada lima tanaman ini yang terbukti ampuh membasmi tikus di rumah dan pekarangan. Hal ini karena kelima tanaman tersebut memiliki aroma menyengat yang tidak disukai tikus sehingga tikus secara otomatis bakal menghindar.

Melansir dari berbagai sumber, Jumat (18/5/2021), berikut ini lima tanaman pengusir tikus.

Baca juga: 8 Hal yang Dapat Mengundang Tikus Masuk ke Rumah

Bawang putih dan bawang bombai

Meski kedua bawang ini memiliki jenis dan bentuk berbeda, tapi keduanya memiliki aroma sama yang dapat membasmi tikus di rumah. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memanfaatkannya, haluskan empat sampai lima siung bawang putih, lalu tambahkan satu liter air dan semprotkan ke area yang menjadi sarang tikus. Aroma bawang putih yang kuat dapat membuat tikus enggan mendekat ke rumah.

Baca juga: Minyak Ini Bisa Mengusir Tikus di Rumah, Apa Itu?

Sage

Baik sage putih maupun hijau, keduanya adalah tanaman pengusir tikus karena memiliki bau menyengat dan kuat.

Selain itu, perawatan tanaman sage juga mudah selama media tanamnya memiliki drainase yang layak dan mendapat sinar matahari penuh.

Baca juga: Tips untuk Menjaga Dapur agar Bebas dari Kecoak, Semut, dan Tikus

Sebagai tanaman abadi, ia akan terus bertambah besar setiap tahun dan dapat berkembang menjadi semak tinggi mencapai91 sentimeter. 

Mint

ilustrasi daun mintUnsplash.com/Eleanor Chen ilustrasi daun mint

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X