Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2021, 12:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menunggu kelahiran anak kucing adalah hal menyenangkan bagi pemilik kucing. Pasalnya, pemilik kucing akan kedatangan anggota baru di rumah mereka.

Umumnya, kucing betina akan melahirkan empat hingga enam anak kucing. Ketika melahirkan, kucing membutuhkan privasi dan proses persalinan berlangsung dengan sendirinya atau tanpa bantuan siapa pun. 

Baca juga: Penyebab Telinga Kucing Berair dan Cara Mengatasinya

Karena itu, biarkan kucing sendirian dan jangan mengganggu proses persalinan karena bisa membuat kucing betina marah. Cukup awasi dari kejauhan. 

Sebelum melahirkan, kucing telah melewati masa kehamilan selama 63-67 hari. Namun, periode kehamilan kucing dapat bervariasi. 

Baca juga: Cara Memperkenalkan Anak Kucing Baru di Dalam Rumah

Perbedaan ini kerap membuat pemiliknya tidak mengetahui pasti kapan kucing peliharaan akan segera melahirkan. Namun, tak perlu khawatir, menjelang persalinan, kucing akan memberikan tanda-tanda melahirkan. 

Melansir dari laman The Spurce Pets, Selasa (8/6/2021), berikut ini enam tanda kucing akan melahirkan

Baca juga: Penyebab Kucing Pincang dan Cara Mengobatinya

Mencari tempat bersalin

Saat waktu kelahiran semakin dekat, kucing betina akan mencari tempat yang tenang dan privasi untuk melahirkan. Bahkan tempat yang sangat terpencil. 

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa kucing mencari tempat tertutup untuk melahirkan. Hal ini biasanya dimulai hingga dua hari sebelum persalinan, tetapi bisa juga dimulai beberapa jam sebelumnya. 

Baca juga: Mengenal Kucing British Shorthair yang Dipelihara Gisella Anastasia

Menunjukkan perilaku gelisah

Sebelum sehari atau dua hari persalinan, kucing hamil menunjukkan perilaku gelisah dan kecemasan. Kucing akan lebih sering keluar-masuk atau mondar-mandir tempat bersarangnya atau kandang.

Banyak bersuara

Selain mondar-mandir dan perilaku gelisah, kucing hamil yang hendak melahirkan juga akan lebih sering bersuara dari biasanya seperti mengeong dan menangis. 

Baca juga: Perbandingan Usia Kucing dan Manusia, Apakah Berbeda?

Menurunkan suhu tubuh

Tanda kucing akan melahirkan selanjutnya adalah suhu tubuh yang menurun. Menjelang waktu 12-36 jam persalinan, suhu tubuh kucing akan menurun di bawah 37 derajat Celsius. Biasanya, suhu tubuh normal kucing berkisar antara 38-39 derajat Celsius.

Kehilangan nafsu makan

Kucing betina yang sedang hamil memiliki nafsu makan yang meningkat atau besar selama kehamilan. 

Baca juga: Penyebab, Tanda-tanda, dan Cara Merawat Kucing Demam

Namun, mendekati persalinan, kucing betina akan mengalami penurunan nafsu makan yang drastis.

Menjilati vulva

Ketika waktu persalinan semakin dekat, kucing betina akan mulai menjilati vulvanya atau alat kelamin bagian luar untuk membersihkan kotoran kecil. 

Baca juga: Mengenal Kucing Birman yang Ramah dan Menggemaskan

Anda mungkin tidak akan melihat keputihan ini karena kucing menjaga kebersihan area tersebut menjelang persalinan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com