Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengubah Tampilan Dapur Tanpa Renovasi

Kompas.com - 08/06/2021, 11:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan area tersibuk di dalam rumah, sebab banyak kegiatan yang dilakukan di dalamnya, seperti menyiapkan sarapan, makan siang, makan malam, hingga camilan.

Untuk itu, ada banyak orang yang ingin merenovasi area dapur agar merasa nyaman dalam berkegiatan sehari-hari.

Namun, seperti yang dilansir dari Country Living, Selasa (8/6/2021), merombak atau renovasi dapur merupakan daftar keinginan yang memerlukan anggaran yang besar.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Pestisida Sendiri Pakai Bahan di Dapur

Akan tetapi kabar baiknya, Mia Hannom, seorang desainer interior dan anggota National Kitchen and Bath Association, ada beberapa cara kecil yang dapat membuat area dapur semakin tertata dan cantik tanpa renovasi besar-besar, seperti berikut ini.

1. Cat kabinet dapur

Lemari dapur atau kabinet adalah hal yang paling sering Anda lihat di area dapur, sehingga Anda bisa mengubah sedikit tampilannya dengan cara mengecatnya.

Dengan cara ini, area dapur Anda bisa berubah dengan seketika tanpa harus menggantinya dengan yang baru. Cat kabinet dengan warna gelap atau kayu ek berwarna putih untuk membuat seluruh area dapur terang dan terasa lebih luas.

Hannom juga merekomendasikan untuk mengecat satu set lemari saja untuk efek kontras.

Baca juga: Penyebab Kebakaran Rumah yang Berasal dari Dapur dan Cara Mencegahnya

"Saya juga menemukan bahwa ketika kabinet atas lebih terang, seperti putih, seringkali membantu menciptakan lebih banyak ruang, bahkan jika Anda membuat kabinet dasar lebih gelap," katanya.

2. Rapikan meja dapur

Untuk menciptakan lebih banyak ruang dan membantu menjaga meja tetap bersih dan rapi, kosongkan dan atur di dalam lemari Anda.

Coba pasang pengatur kabinet dan laci, termasuk rak tarik, keranjang tarik, dan rak bumbu tarik untuk membantu menghemat ruang dan menemukan barang sehari-hari dalam sekejap.

3. Letakkan meja makan kecil

Meskipun Anda memiliki dapur kecil, hal ini bisa diterapkan. Letakkan meja makan mini yang hanya bisa menampung dua hingga empat orang di dalam dapur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com