Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Warna Khas yang Digunakan Dalam Desain Interior Skandinavia

Kompas.com - 22/05/2021, 18:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Skandinavia menjadi salah satu desain interior atau ruangan yang populer sejak terakhir belakangan ini. Desain yang berasal dari Nordik ini mampu memikat banyak hati mereka yang tengah membangun atau mendekorasi rumah

Sebetulnya, desain Skandinavia telah lama menjadi sumber inspirasi rumah. Desain interior ini adalah tentang merangkul apa yang telah disajikan alam kepada manusia. 

Baca juga: Ini Perbedaan Desain Rumah Skandinavia dan Minimalis Menurut Ahli

Ciri khas desain Skandinavia identik dengan dengan warna-warna lembut atau pastel, warna netral, serta dinding dengan pengerjaan halus dan berstandar tinggi.

Selain itu, desain Skandinavia juga menggunakan furnitur kayu dan memakai material lembut dan alami untuk perabotan di rumah seperti sofa juga tirai

Baca juga: Dekorasi Skandinavia untuk Hiasi Rumah Bergaya Minimalis

Bagi Anda yang ingin mencoba memasukkan sedikit gaya Skandinavia ke rumah, hal pertama yang harus dilakukan adalah memikirkan palet warna yang tepat.

Melansir dari laman Home Beautiful, Sabtu (22/5/2021), berikut ini enam warna khas yang biasa digunakan dalam desain interior Skandinavia. 

Baca juga: Jadikan Apartemen Mungil Lebih Hidup dengan Desain Skandinavia

Hijau Hutan

Warna hijau yang kaya ini menawarkan keseimbangan sempurna pada rumah dan suasana yang abadi serta asri layaknya di sebuah hutan.

Untuk menerapkannya, Anda dapat memilih sarung bantal berwarna hijau hutan, lalu pilih selimut berbahan linen. 

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Desain Rumah Skandinavia hingga Garden House

Terakhir, letakkan tanaman dengan dedaunan berwarna hijau tua untuk memberikan suasana hutan yang lebih nyata.

Oranye Sunset

Oranye merupakan salah satu warna tercantik, terlebih oranye sunset atau matahari terbenam. Warna ini dapat memberikan sentuhan kehangatan instan ke ruangan mana pun yang diterapkan. 

Baca juga: Ingin Dekorasi Kamar Tidur Bergaya Skandinavia? Perhatikan 7 Hal Ini

Untuk menerapkannya, Anda dapat membeli peralatan rumah tangga berwarna oranye sunset dengan material beludru seperti memilih sofa oranye sunset.

Dusty Pink

Dusty pink merupakan warna andalan rumah bergaya Skandinavia. Bahkan, dusty pink bisa menjadi warna netral lantaran mampu beradaptasi dengan hampir semua warna. 

Baca juga: Ide Desain Ruang Makan Mungil ala Skandinavia

Untuk tampilan Skandinavia yang optimal, padukan dusty pink dengan furnitur berwarna cokelat terang, material bulu abu-abu seperti karpet, dan aksen abu-abu arang. Jangan lupa menambahkan putih ke dalam dekorasi. 

Biru Muda

Pilihan biru muda dengan dasar yang sejuk dapat membuat rumah terasa seperti musim dingin. Padukan dengan putih dan hitam untuk palet yang kuat serta kontras. 

Baca juga: Air Purifier Baru Electrolux, Bergaya Skandinavia dan Lebih Cepat Hasilkan Udara Bersih

Abu-abu

Semua varian abu-abu, baik itu abu-abu terang, abu-abu gelap, dan campuran abu-abu merupakan bagian integral dari dekorasi Skandinavia.

Anda dapat menggunakan abu-abu arang pada dinding untuk memberi tampilan tegas. Bisa pula melapisi nuansa abu-abu yang berbeda di semua furnitur dan aksesori ruangan untuk suasana musim dingin yang nyaman. 

Baca juga: Mau Dekor Dapur Mungil Minimalis ala Skandinavia? Perhatikan 7 Hal Ini

Putih

Putih adalah warna inti dari desain interior Skandinavia. Warna ini membuat ruangan terasa ringan, cerah, bersih, dan ramah, juga menciptakan kesan sederhana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com