Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal Sederhana yang Dapat Dilakukan agar Kamar Mandi Selalu Bersih

Kompas.com - 22/05/2021, 16:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merupakan area yang memiliki kelembapan paling tinggi di dalam rumah membuat kamar mandi harus selalu dibersihkan setiap minggunya. Pembersihan rutin ini dilakukan agar kamar mandi terhindari dari jamur, lumut, dan bau yang tak sedap.

Akan tetapi, sadarkah Anda, jika beberapa kebiasaan di dalam kamar mandi yang dilakukan setiap hari menyebabkan kotoran yang menumpuk di dalamnya? 

Baca juga: Cara Instan Membersihkan Lantai Kamar Mandi dengan Citric Acid

Melansir dari The Spruce, Sabtu (22/5/2021), ada kegiatan yang menyebabkan kamar mandi cepat kotor. Misalnya, menyikat gigi menghadap ke cermin sehingga cermin selalu kotor karena pasta gigi yang digunakan.

Selain itu, kurang bersih dalam menyiram toilet sehingga menyebabkan bau tak sedap. Oleh karena itu, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk membersihkan kamar mandi serta membuatnya selalu tampak bersih, sebagai berikut. 

Baca juga: 8 Cara Termudah Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi 

Gosok dinding kamar mandi setiap saat 

Menggosok dinding kamar mandi merupakan kegiatan yang memerlukan waktu sangat lama. Hal ini karena lumut serta jamur yang menumpuk di permukaan dinding.

Untuk mengurangi beban tersebut, Anda dapat meluangkan waktu menggosok dinding setiap kali setelah mandi. Hal ini dapat menghapus kelembapan di dinding sehingga tidak menjadi tempat penumpukan jamur. 

Baca juga: 5 Bahan untuk Membersihkan Ubin Kamar Mandi Lebih Mudah

Siram setiap saat 

Untuk mendapatkan toilet bersih yang berkilau setiap hari disarankan menyiram lantai kamar mandi setiap kali digunakan. Demi hasil maksimal, Anda dapat menggunakan pengharum toilet sehingga kamar mandi tidak berbau.

Hal yang perlu diingat adalah tutup toilet ketika sedang menyiramnya agar bakteri tidak tersebar di semua ruangan kamar mandi. 

Baca juga: 5 Tips Dekor Kamar Mandi Kecil Bergaya Bohemian 

Lap wastafel setiap saat 

Di depan wastafel ada banyak kegiatan yang dilakukan, dari menyikat gigi hingga mencukur kumis dan jenggot bagi pria.

Sisa-sisa kotoran yang jatuh di wastafel akan menjadi menumpuk jika tidak dibersihkan setiap waktu dan mengakibatkan pemandangan buruk. Dengan membersihkannya setiap saat, akan membuat kamar mandi lebih bersih. 

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Keramik Kamar Mandi Minimalis

Jaga agar lantai tetap kering 

Bukan hanya tak enak dipandang dan terlihat berantakan saja, kemungkinan terpeleset lebih besar di dalam kamar mandi yang basah.

Selain itu, air akan masuk ke dalam nat lantai kamar mandi dan menodai permukaan, terutama jika Anda meneteskan sabun. Untuk itu, usahakan agar lantai kamar mandi tetap kering. 

Baca juga: Cara Membersihkan Bak Kamar Mandi Keramik dengan Cepat dan Praktis

Sikat gigi menghadap ke bawah 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menyikat gigi menghadap ke cermin akan menyebabkan pasta gigi tersebar kemana-mana.

Untuk itu, ketika sikat gigi, usahakan menghadap ke wastafel sehingga tidak ada percikan pasta gigi di mana pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com