Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Trik Mendekorasi Ruang Tamu yang Minim Jendela agar Tampak Terang

Kompas.com - 20/05/2021, 15:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela di dalam ruangan menjadi sangat penting karena memiliki banyak fungsi. Mulai dari, pertukaran udara agar ruangan mendapat udara lebih segar, memberikan akses masuknya sinar matahari ke ruangan, dan menurunkan suhu udara ketika sedang panas dengan membukanya.

Semua ruangan di dalam rumah disarankan memiliki jendela. Hal ini tidak hanya untuk estetika, tapi juga kesehatan penghuni rumah. Salah satu ruangan yang harus memiliki jendela adalah ruang tamu

Baca juga: Cara Terbaik Membersihkan Jendela dari Kotoran dan Debu

Menjadi ruangan sentral dengan aktivitas padat seperti menerima tamu, berkumpul dengan keluarga, atau menjadi tempat bersantai, membuat ruang tamu memerlukan jendela agar udara tetap sehat dan segar.

Namun, pada kenyataannya, tidak semua ruang tamu dilengkapi jendela yang memadai, terkadang ada beberapa rumah yang memiliki jendela cukup kecil atau jendela tidak bisa dibuka sepenuhnya. 

Baca juga: Ini Keuntungan Rumah Menggunakan Jendela Berengsel

Minimnya jendela di ruang tamu tentu membuat ruangan menjadi kurang pencahayaan atau terang. Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa trik mendekorasi ruang tamu minim jendela agar tampak terang dilansir dari House Beautiful, Kamis (20/5/2021). 

Furnitur berwarna terang 

Beberapa orang mungkin ragu meletakkan furnitur berwarna putih di dalam ruang tamunya, tapi hal ini dapat membuat ruangan tampak lebih terang dan lebih cerah. 

Baca juga: Trik Mendekorasi Ruangan Tanpa Jendela agar Lebih Terang

Saat hendak membeli furnitur, cobalah merencanakan membeli beberapa item utama berwarna putih atau warna terang lainnya. 

Beberapa warna

Menggunakan beberapa warna pada elemen dekorasi lainnya seperti karpet dan bantal sofa akan memberikan getaran yang lebih menyenangkan dan hidup di dalam ruangan. 

Baca juga: Cara Sederhana Mendekorasi Jendela Rumah yang Ramah Anggaran

Namun, perlu diingat, hindari memilih warna yang terlalu banyak di dalam satu ruangan karena akan memberikan kesan penuh. 

Penuhi pencahayaan 

Tanpa jendela, Anda terpaksa membuat cahaya sendiri. Jadi, jangan takut berlebihan menggunakan lampu. 

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Cocok Diletakkan di Ambang Jendela Dapur

Jika di dalam ruang tamu hanya ada satu lampu menggantung di plafon, lampu tambahan yang diletakkan di samping sofa serta di sudut dekat TV bisa membantu memberikan pencahayaan yang lebih terang. 

Gantung cermin 

Trik lain untuk memalsukan lebih banyak cahaya di ruangan adalah menambahkan cermin. Tempatkan cermin di posisi strategis. 

Baca juga: Menurut Feng Shui, Jangan Letakkan Tempat Tidur di Bawah Jendela

Misalnya, berlawanan dengan lampu sehingga dapat menyebarkan cahaya ke seluruh ruang, bahkan ke sudut ruang yang tak terjangkau cahaya. 

Tambahkan tanaman 

Tanaman benar-benar dapat menambahkan kehidupan di ruangn. Jadi, menempatkan beberapa di sekitar ruangan akan membantu membuat area tersebut terasa lebih hidup. 

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Jendela Tunggal atau Ganda?

Anda juga dapat memilih berbagai tanaman hias yang memiliki warna terang untuk menyebarkan kecerahan di dalam ruangan. Namun, tanaman yang diletakkan di ruangan gelap atau minim jendela perlu dirawat dengan sangat baik 

Pastikan menyiram tanaman dengan benar dan letakkan tanaman beberapa lama di dekat jendela di ruangan lain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com