Kompas.com - 05/03/2021, 08:58 WIB
Ilustrasi tanaman rosemary di dalam pot. SHUTTERSTOCK/ANTIGONI LEKKAIlustrasi tanaman rosemary di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tanaman hias daun dan bunga, Anda juga dapat merawat tanaman herbal di dalam rumah. Biasanya, tanaman herbal ini diletakkan di ambang jendela yang cerah di area dapur.

Banyak tanaman herbal yang dapat menjadi pilihan, seperti parsley, kemangi, dan thyme akan tumbuh subur di dalam ruangan dengan perawatan yang tepat.

Terlebih lagi, jika sudah musim panen, Anda bisa memanfaatkan tanaman herbal ini sebagai bumbu masakan dan manfaat lainnya.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Dapat Digantung

Dilansir dari Good Housekeeping, Jumat (5/3/2021), untuk merawat tanaman herbal ini jumlah sinar matahari yang tepat dapat membuat tanaman herbal ini tumbuh berkembang dengan baik.

Sebagai aturan umum, letakkan tanaman herbal di tempat yang terkena sinar matahari setidaknya enam jam setiap hari.

Untuk menguji kekuatan matahari, disarankan agar Anda mematikan semua lampu pada hari yang cerah atau sebagian cerah, dan secara berkala memeriksa untuk melihat seberapa alami sinar matahari.

Selain sinar matahari, semua tumbuhan perlu ditanam dalam pot dengan drainase yang baik. Jika Anda khawatir lubang drainase akan merusak bagian atas meja atau ambang jendela, gunakan piring atau alas untuk menampung air berlebih.

Baca juga: 8 Tanaman Herbal Ini Bisa Jadi Bahan Pembersih di Rumah

Berikut beberapa tanaman herbal yang dapat menjadi pilihan dan cara merawatnya. 

Ilustrasi tanaman basil di dalam pot. PIXABAY/MONICORE Ilustrasi tanaman basil di dalam pot.

1. Kemangi

Mulailah menanam kemangi atau basil dari biji dan letakkan pot di jendela yang menghadap ke selatan, karena ia menyukai banyak sinar matahari dan kehangatan ditambah banyak air, jadi jaga agar tanah tetap lembap tetapi tidak basah kuyup.

Jepit bagian atas tanaman sesering mungkin untuk mendorong pertumbuhan yang lebih penuh.

2. Parsley

Parsley menyukai sinar matahari penuh, tetapi akan tumbuh perlahan di jendela yang menghadap ke timur atau barat.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X