Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baking Soda Ampuh Bersihkan Zat Pestisida pada Buah dan Sayur

Kompas.com - 03/05/2021, 14:36 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika membeli buah dan sayuran, penting bagi untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi atau dimasak. Sebab, kamu tidak tahu  kondisi kebersihan pada sayur dan buah yang dibeli.

Membersihkan buah dan sayuran tidak hanya menyingkirkan debu dan kotoran, tetapi juga zat pestisida hingga bahan kimia berbahaya, yang biasanya melapisi bagian luar buah dan sayuran. 

Baca juga: Simak, Trik Menyimpan Sayuran dan Buah-buahan di Dapur

Oleh karena itu, manfaat baik yang terkandung dalam sayur dan buah bisa menjadi buruk untuk kesehatan apabila kandungan berbahaya pada lapisan luarnya tidak dibersihkan.

Dikutip dari kanal YouTube Kebun Indra Tarigan, Senin (3/5/2021), kamu bisa membersihkan buah-buahan dan sayur-sayuran dari bahan-bahan kimia dan zat pestisida berbahaya menggunakan soda kue atau baking soda. 

Baca juga: 7 Sayuran yang Mudah Ditanam di dalam Ruangan

Mencuci buah menggunakan soda kue diklaim mampu menghilangkan zat-zat pestisida hingga pelapis lilin, sebuah bahan yang digunakan untuk teknik pengawetan makanan.

Dibandingkan sabun pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan buah dan sayur, soda kue adalah bahan pembersih organik yang lebih aman. Pada intinya, manfaat baking soda bisa untuk membersihkan sayuran dan buah dari sisa-sisa zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. 

Baca juga: Makna Buah-buahan dalam Feng Shui, Jeruk hingga Nanas

Nah, berikut ini bahan yang perlu disiapkan dan cara yang dilakukan untuk membersihkan kue menggunakan baking soda.

Bahan-bahan

  • air
  • soda kue atau baking soda 
  • cuka apel
  • garam

Cara Membersihkan 

1. Siapkan tiga sampai lima liter air dalam baskom. (penggunaan air bisa lebih banyak tergantung seberapa banyak sayuran dan buah yang ingin dibersihkan).

2. Tambahkan dua sendok makan (sdm) baking soda ke dalam baskom yang berisi air. Soda kue adalah bahan organik, jangan keliru mengartikannya sebagai bahan atau zat kimia karena namanya. 

Baca juga: Cara Menanam Buah Apel dari Bijinya, Mau Coba?

3. Selanjutnya, tambahkan tambahkan sdm cuka apel ke dalam baskom. Cuka apel memiliki manfaat bagi kesehatan seeprti membantu menurunkan berat badan serta menurunkan risiko penyakit jantung, darah tinggi, dan stroke.

4. Tambahkan dua sdm garam.

5. Aduk semua bahan dalam baskom sampai larut merata.

6. Masukkan sayur dan buah yang ingin dibersihkan ke baskom. 

Baca juga: Begini Cara Menanam Buah Alpukat dari Bijinya

7. Rendam buah dan sayur sekitar 10-15 menit.

8. Setelah direndam, tiriskan dan bilas buah dan sayuran dengan air bersih sebanyak dua kali.

9. Setelah melakukan segala hal di atas, buah dan sayuran akan menjadi lebih crunchy, lebih segar, kesat, dan pelapis lilin pun hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com