Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 20:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah dengan udara yang sejuk tentu membuat penghuninya terasa nyaman dan betah. Namun, belakangan ini, saat musim kemarau tiba, suhu dalam rumah makin panas serta kering. Apalagi, bila ruangan berukuran kecil. 

Cara termudah mengatasi panas di rumah adalah menyalakan pendingin ruangan atau AC. Sayangnya, tak semua hunian memiliki pendingin ruang atau AC untuk membuat ruangan tetap sejuk dan dingin

Baca juga: 6 Kesalahan Ini Bikin Cara Kerja AC Tak Efisien, Tagihan Listrik Naik

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Menyejukkan ruangan tetap bisa dilakukan meski tanpa AC dan di ruangan kecil. Nah, berikut ini enam trik menyejukkan ruangan sekaligus diri tanpa menggunakan AC dilansir dari laman The Garden Granny

Buka Jendela 

Biarkan udara sejuk dan dingin masuk ke ruangan atau kamar tidur saat suhu di luar jauh lebih rendah atau panas. Hal ini akan tetap menyegarkan ruang dan membantu Anda mendapatkan istirahat yang lebih baik sepanjang malam dengan adanya angin sepoi-sepoi, yang akan bertahan hingga matahari terbit. 

Baca juga: Apakah Perlu Menggunakan Humidifier di Ruangan Ber-AC?

Namun, begitu matahari mulai bersinar, cara ini sudah tidak efektif lagi. Pada siang hari, sebaiknya tutup jendela dan gorden. Untuk efek terbaik, ganti tirai dengan yang lebih gelap.

Gabungkan Kipas Angin dengan Es atau Air Dingin

Bila tak ada air conditioning atau AC, Anda dapat menggunakan kipas angin. Trik ini dapat menyegarkan kembali ruangan dengan meletakkan es atau tangki air dingin di depan kipas angin. Hal ini dapat bekerja dengan baik karena es mendinginkan udara, sedangkan kipas menyebarkannya. 

Baca juga: 7 Tanda AC Bekerja Terlalu Keras

Pasang Kipas Langit-Langit

Memiliki kipas angin yang dipasang di langit-langit akan sangat membantu mendinginkan ruangan. Kipas langit-langit dapat disesuaikan dengan cuaca. Jika bilahnya berputar ke satu arah (biasanya berlawanan arah jarum jam), kipas akan menciptakan angin sepoi-sepoi.

Sementara itu, bila melakukan gerakan searah jarum jam, kipas menurunkan udara hangat. Kipas langit-langit akan menjaga rumah tetap sejuk apabila menyesuaikan pengaturan kecepatan dengan benar sehingga menjadi alternatif yang efektif mengganti AC. 

Baca juga: Tinggal di Kawasan Dekat dengan Laut Bisa Merusak AC Lebih Cepat?

Kasur Pendingin

Kasur modern dapat membuat tempat tidur tetap sejuk. Ada berbagai macam kasur pendingin yang dapat dipilih di pasaran. Anda juga dapat memilih untuk mendinginkan tempat tidur.
Selain kasur pendingin, kamu juga dapat memakai seprai berbahan katun untuk mendinginkan kasur. Dengan cara ini, setidaknya membantu menyejukkan diri sekaligus ruangan.

Konsumsi Lebih Banyak Air

Seperti diketahui, kebutuhan cairan sangat penting untuk tubuh tetap sehat, terutama jika suhu atau cuaca sedang panas-panasnya. Ketika cuaca panas, risiko dehidrasi menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. 

Baca juga: Tips Mengatur Suhu AC yang Nyaman untuk Tidur Sekaligus Hemat Listrik

Kurang cairan semakin membuat tubuh semakin panas, terlebih di dalam ruangan. Karena itu, perhatikan jumlah cairan yang dikonsumsi. Ini akan membantu mengalahkan panas lebih cepat.

Segarkan Diri dengan Mandi Air Dingin

Mandi kontras, yang berarti beralih dari air dingin ke air panas ketika mandi, dapat melatih tubuh untuk lebih mudah beradaptasi dengan perubahan suhu. Jika ini terlalu ekstrem bagi Anda, memilih air hangat juga dapat membantu menenangkan diri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com