Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2021, 20:20 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Salah satu cara memperbanyak bunga mawar adalah dari stek mawar yang diambil dari pohon mawar yang ingin dikembangkan. Stek mawar yang akan dicoba untuk di-root paling baik diambil dari batang semak mawar yang baru saja berbunga dan akan mati.

Potongan mawar harus memiliki panjang 15-20 sentimeter diiukur dari pangkal yang mekar sampai bagian bawah di dekat akar. Berikut ini tips menanam mawar dari stek. 

Baca juga: Tanah Seperti Apa yang Baik untuk Mawar? Ini Penjelasannya

Persiapan

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (24/4/2021), sebelum memulai stek, sebaiknya kamu menyimpan botol atau kaleng berisi air sehingga stek segar dapat langsung dimasukkan ke dalam air setelah pemotongan. Selalu gunakan pemangkas yang tajam dan bersih untuk mengambil stek.

Siapkan juga tempat dengan sinar matahari pagi yang baik dan terlindung dari matahari sore yang terik untuk mawar yang sudah kamu stek. Tanah di lokasi penanaman harus diolah dengan baik, tanah gembur dengan drainase yang baik. 

Baca juga: Tak Susah, Ini Tips Pemupukan Bunga Mawar agar Cepat Berbunga

Untuk memulai semak mawar dari stek, setelah stek mawar diambil dan dibawa ke tempat penanaman, ambil satu stek dan buang daun bagian bawah. Buat irisan kecil dengan pisau tajam pada satu atau dua sisi bagian bawah pemotongan, bukan potongan dalam, tetapi cukup untuk menembus lapisan luar pemotongan. Celupkan bagian bawah potongan ke dalam air yang akan menjadi cikal-bakal pengakaran.

Pindahkan ke Pembibitan

Langkah selanjutnya ketika kamu menanam mawar dari stek adalah menggunakan pensil atau probe logam untuk melubangi tanah yang akan kamu gunakan untuk menanam mawar. Masukkan stek sekitar setengah dari badan seluruhnya. Jika sudah, kubur bagian yang masih berlubang agar mawar tidak roboh. Beri jarak 20 sentimeter untuk setiap pohon

Tempatkan stoples kaca di atas setiap stek mawar untuk membentuk semacam miniatur rumah kaca untuk setiap potongan. Ini sangat penting dilakukan agar tanah tetap lembap. Stoples akan membantu menahan kelembapan, tetapi bisa menjadi masalah jika terkena banyak sinar matahari sore yang panas karena dapat membuat stek mawar menjadi terlalu panas dan mati. 

Baca juga: Bagaimana dan Kapan Memberikan Pupuk pada Mawar? Ini Penjelasannya

Karena itu, perlu untuk melindunginya dari paparan sinar matahari sore yang panas saat kamu ingin memperbanyak mawar dengan cara ini. Lakukan penyiraman di lokasi penanaman setiap dua hari sekali untuk menjaga tanah tetap lembap, tetapi jangan sampai membuat genangan air atau situasi tanah berlumpur.

Tempatkan di Kebun

Setelah mawar baru berakar dengan baik dan mulai tumbuh, mereka dapat dipindahkan ke lokasi permanennya di pekarangan atau kebun mawar yang sudah kamu persiapkan. Semak mawar baru akan berukuran kecil, tetapi biasanya tumbuh cukup cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com