Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Malas, Ini Segudang Manfaat Merapikan Tempat Tidur di Pagi Hari

Kompas.com - 24/04/2021, 17:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Merasa berat untuk merapikan tempat tidur pada pagi hari seusai bangun tidur? Jika iya, lawan rasa malas tersebut demi memperoleh banyak hal positif yang berdampak ke hidupmu. Penelitian menunjukkan bahwa merapikan tempat tidur di pagi hari adalah salah satu cara terbaik untuk membantu seseorang menghadapi tantangan pada hari itu. 

 

Melansir laman Decor Tips, Sabtu (24/4/2021), merapikan tempat tidur pada pagi hari dapat membantumu merasa lebih produktif. Tugas sederhana ini telah terbukti memberi seseorang perasaan sejahtera yang lebih besar dan keyakinan bahwa mereka dapat mencapai tujuannya. 

Baca juga: Mana yang Lebih Berkualitas, Tidur di Tempat Tidur Kecil atau Besar?

Saking efektifnya, seseorang bahkan pernah menulis buku tentang “Make Your Bed: Little Things that Can Change Your Life… and Maybe the World” (Rapikan Tempat Tidurmu: Hal Kecil yang Dapat Mengubah Hidupmu dan Mungkin Dunia).

“Jika merapikan tempat tidur setiap pagi, kamu akan menyelesaikan tugas pertama hari itu. Itu akan memberimu rasa bangga dan akan mendorongmu untuk melakukan tugas lain dan lainnya dan lagi. Dan pada akhirnya, satu tugas yang diselesaikan akan berubah menjadi banyak tugas yang diselesaikan," kutipan dalam buku tersebut. 

Baca juga: 7 Barang yang Perlu Diletakkan di Meja Samping Tempat Tidur

Menurut sang penulis, Laksamana Angkatan Laut AS William H. McRaven, tugas sederhana ini adalah langkah pertama untuk mengubah dunia. Dia begitu yakin akan hal ini, bahkan dia telah memberikan pidato yang mendorong semua orang untuk menjadikan ini sebagai bagian dari rutinitas harian mereka.

Mengapa merapikan tempat tidurmu begitu penting?

Beberapa tahun lalu, Kingston University London meluncurkan studi tentang keuntungan dan kerugian merapikan tempat tidur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merapikan tempat tidur akan memungkinkan seprai mengudara dengan baik, menyingkirkan kutu busuk. 

Baca juga: 12 Cara Membuat Tempat Tidur Seperti di Hotel

Meninggalkan rumah dengan tempat tidur yang belum dirapikan merupakan tindakan buruk. Hari ini, apakah kamu merapikan tempat tidurmu lebih berkaitan dengan preferensi dan gaya hidup? Kesampingkan preferensi pribadi. Kamu perlu tahu tentang banyak manfaat dari tugas sehari-hari yang sederhana ini.

Jika kamu membutuhkan motivasi ekstra, lihatlah segudang manfaat membersihkan dan merapikan tempat tidur seperti berikut ini.

Meningkatkan Mood 

Tugas dan dandanan sehari-hari seperti merapikan tempat tidur adalah tindakan positif yang dapat berdampak besar pada suasana hati seseorang. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pilihan gaya hidup sehat secara instan membuat kita merasa lebih bahagia. 

Baca juga: Simak, Ini Posisi Terbaik Meletakkan Tempat Tidur

Tingkatkan Konsentrasi

Ketika sebuah kebiasaan baru menjadi otomatis dilakukan, otak kita melihat betapa mudahnya melakukan tugas-tugas ini dan mulai rileks. Ini membuatnya lebih mudah untuk menghadapi sisa hari itu dengan antusias dan pikiran yang jernih.

Dengan membereskan tempat tidur, kamu memberi tahu otakmu bahwa kamu juga dapat menandai semua hal lain yang ada di daftar tugas. 

Menghilangkan Stres

Ketika kamu berjalan melewati pintu depan pada akhir hari yang berat di tempat kerja serta melihat tempat tidur yang belum dirapikan dan kamar berantakan, tingkat kortisolmu (tingkat stres) bakal meroket. Untungnya, hal sebaliknya terjadi, stres menghilang saat kamu kembali ke kamar tidur yang rapi dan bersih. 

Baca juga: 7 Cara Menjaga Tempat Tidur Tetap Bersih

Meningkatkan Harga Diri

Manfaat favorit dari merapikan tempat tidurmu adalah dapat meningkatkan harga diri dan mencapai tujuan. Sekecil apa pun manfaat itu bisa membuat kamu merasa lebih baik tentang dirimu sendiri. 

Memunculkan Keinginan Merapikan Hal Lain

Manfaat merapikan tempat tidur juga membawa banyak keuntungan lainnya. Dengan melakukan sesuatu yang positif, kamu akan merasa senang, lantas mendorongmu untuk melakukan hal positif lain.

Merapikan tempat tidur mungkin memberimu motivasi untuk merapikan lemari atau membuang barang-barang lama yang tidak lagi kamu gunakan. 

Baca juga: Berbahayakah Berbagi Tempat Tidur dengan Kucing?

Mimpi Indah

Manfaat besar dari merapikan tempat tidur adalah mimpi indah dan ini salah satu yang paling jelas. Siapa yang tidak suka tidur di tempat tidur yang baru dirapikan?

Seperangkat seprai baru yang segar adalah salah satu cara terbaik untuk menjamin tidur malam yang nyenyak. Semua manfaat kecil ini dengan cepat bertambah. Rumahmu akan terlihat lebih baik, kamu tidak akan merasa stres, juga perasaan sejahtera yang baru kamu temukan akan diubah menjadi energi, produktivitas, dan kreativitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com