Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2021, 14:58 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com—Tikus menjadi salah satu hama yang sebaiknya tak ada di lingkungan rumah. Karena, hewan pengerat ini tak hanya menjijikkan, tapi juga bisa membawa penyakit bagi anggota keluarga.

Meski membenci kehadirannya, banyak orang yang tak tega membunuh tikus, baik menggunakan jebakan maupun meracuninya. Untuk kamu yang tak tega melakukannya, kamu bisa mencoba mengusir tikus dengan tanaman herbal berikut ini: 

Baca juga: 5 Cara agar Tikus Tidak Bersarang di Dapur

1. Peppermint

Dilansir dari Hunker, Sabtu (24/4/2021), kamu bisa mengusir si tikus dengan daun peppermint. Tanaman herbal ini memiliki aroma yang segar dan disukai manusia. Namun, tikus tidak menyukai baunya. Dengan menanam pohon peppermint di halaman dan sekitar rumah, kamu bisa mencegah tikus masuk ke area rumah dan mengendalikannya dari jarak jauh.

Pappermint juga bisa digunakan sebagai semprotan pengusir tikus. Caranya, ambil beberapa potong daun mint, lalu masukkan sebentar dalam air mendidih dan biarkan terendam. Setelah itu, saring larutan dan masukkan dalam botol semprot. Semprotkan ke area yang biasa dilewati tikus. Selain wangi, semprotan ini akan mengusir tikus dan membuatnya tak mau kembali lagi. 

Baca juga: Mau Pasang Perangkap Tikus di Rumah? Ketahui 8 Hal Ini Dulu

Cara lain yang bisa dicoba adalah mencelupkan bola kapas ke dalam minyak pappermint dan tinggalkan di tempat yang kamu curigai menjadi sarang tikus, terutama di sekitar jendela dan pintu.

Untuk mencegah tikus membuat sarang, letakkan juga bola kapas berisi pappermint di laci, lemari, bawah sofa, dan tempat-tempat lain yang sering dilewati tikus. Namun, kamu tetap harus menggantinya beberapa hari sekali agar aromanya tetap kuat. Cara ini juga efektif untuk mengusir hama lain seperti kutu serta semut.

2. Bunga

Beberapa bunga juga bisa menjadi pencegah hewan masuk ke rumah. Salah satunya, bunga bakung. Selain itu, ada juga bunga marigold yang memiliki aroma kuat yang tidak disukai hewan pengerat. Bunga lavender yang memiliki bunga seperti kuncup ungu juga tidak disukai tikus. Letakkan bunga-bunga cantik ini di pintu masuk dan dekat sarang tikus. 

Baca juga: Tanaman Herbal yang Bisa Mengusir Tikus, Apa Saja?

3. Bawang Putih dan Tomat

Kamu bisa mengusir tikus dengan bawang putih yang ditanam di pekarangan rumah. Bawang putih mengandung beberapa senyawa belerang yang menghasilkan bau menyengat yang tidak disukai hewan pengerat.

Buat semprotan sederhana dengan menambahkan satu siung bawang putih ke dalam air mendidih. Saring cairan di dalam botol semprot dan semprotkan pada area di rumah yang biasa tikus berkeliaran. Kamu juga bisa menaburkan bubuk bawang putih di sekitar rumah atau sekitar taman yang suka disatroni oleh tikus.

Tanaman lain yang juga tak disukai tikus adalah tomat. Tomat yang kamu tanam di halaman akan membantu mengusir hewan pengerat agar tidak memasuki pekarangan dan tentu saja rumah. Sebarkan daun tanaman tomat di sekitar rumah dan taman akan membantu mengusir tikus. 

Baca juga: Tikus Masuk ke Dalam Rumah, Apa yang Harus Dilakukan?

4. Rempah

Oregano, sage, lada hitam, dan cabai rawit efektif dalam mengusir tikus dan hewan pengerat lainnya. Belilah bahan-bahan itu dalam bentuk serbuk dan sebarkan di pekarangan, celah-celah di sekitar rumah, dan dekat pintu masuk tikus. Tumbuhan herbal ini memiliki bau yang kuat yang tak disukai oleh tikus.

5. Catnip

Catnip menarik perhatian kucing, tetapi tidak disukai tikus dan hama lainnya. Sebagai anggota keluarga tanaman mint, catnip memiliki aroma yang sangat kuat yang dibenci tikus, kumbang, juga kutu daun.

Namun, sisi buruknya tanaman ini juga disukai kucing dan memancingnya untuk masuk ke pekarangan rumah. Si Meong mungkin tampak menggemaskan, tapi mereka juga bisa berpotensi merusak taman. Jadi, pertimbangkan mana yang sebaiknya cocok dengan kondisi rumahmu ya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com