Kompas.com - 24/04/2021, 16:55 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Idul fitri tinggal hitungan minggu. Sayangnya, sama dengan tahun lalu, Idul Fitri kali ini juga masih dirayakan di rumah lantaran pandemi virus COVID-19 yang belum berakhir.

Meski demikian, kamu masih bisa kok berkirim hadiah kepada keluarga dan kerabat lainnya. Bila umumnya Lebaran berkirim parcel dan makanan, untuk kesan lebih manis dan fresh, kamu dapat menggantinya dengan buket bunga

Baca juga: 10 Tips Menata Bunga di Dalam Rumah Menurut Feng Shui

Tak usah khawatir, kiriman hadiahmu bakal salah. Pasalnya, bunga menjadi salah satu pilihan hadiah yang indah dan sempurna untuk diberikan orang tersayang pada momen-momen bahagia, termasuk Idul Fitri. Ditambah lagi, bunga tak pernah gagal untuk mengesankan.

Untuk menghemat biaya dan sambil mengisi waktu luang selama puasa, kamu bisa membuat buket atau karangan bunga sendiri di rumah. Nah, berikut ini Kompas.com bagikan tutorial membuat karangan bunga di rumah untuk hadiah Idul Fitri. 

Baca juga: Trik Membuat Buket Bunga Lebih Tahan Lama

Menyiapkan Bunga dan Peralatan

Langkah awal membuat DIY buket bunga adalah menyiapkan bunga dan peralatan yang diperlukan, di antaranya pita, gunting, isolasi, gabus bunga, serta media penempatan bunga seperti vas dan beberapa kertas wrapping. 

Untuk bunga, kamu dapat membelinya di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat. Pasar yang buka 24 jam ini menawarkan berbagai jenis bunga dengan harga yang bervariatif dan tentunya aman di kantong. Demi menghemat pengeluaran, sebaiknya pilih bunga satu jenis dengan dua pilihan warna. 

Baca juga: Selain Indah, 12 Jenis Bunga Ini Punya Makna Mendalam

Misalnya, mawar merah dan pink, mawar merah dan mawar putih, atau mawar pink dan mawar putih, lalu tambahkan bunga kecil-kecil seperti baby breath. Jangan lupa meminta beberapa buah daun untuk menambah kesan makin cantik dan hidup pada bunga hasil rangkaianmu. 

Harga satu ikat mawar merah berkisar Rp30-70 ribu per ikat, tergantung jenis mawar. Satu ikat bunga mawar berisi 20 tangkai. Sedangkan bunga baby breath berkisar Rp20-30 ribuan per ikat. Namun, harga-harga ini bisa lebih tinggi pada hari-hari besar. Karena itu, beli bunga sesuai dengan jumlah buket yang bakal kamu kirim. Sebaiknya, membeli bunga H-3 atau H-2 sebelum Lebaran agar bunga masih segar ketika dikirim. 

Media Vas

Ilustrasi buket bungaUnsplash/Pedro Lopes Ilustrasi buket bunga

Setelah selesai membeli, segera rangkai bunga. Pilih apakah ingin merangkai bunga menggunakan media vas atau kertas wrapping. Bila menggunakan vas bunga, pilih vas berukuran sedang. Sebaiknya, pilih vas yang terbuat dari rotan atau material kayu agar tidak pecah bila seandainya terjatuh atau terbentur saat pengiriman.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.