Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melarutkan Pupuk Butiran Menjadi Pupuk Cair

Kompas.com - 22/04/2021, 13:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar dapat hidup dan tumbuh dengan baik, tanaman membutuhkan nutrisi. Ini diperoleh dengan cara memberikan pupuk pada tanaman.

Ada banyak jenis pupuk tanaman yang dijual di pasaran, salah satunya adalah tektur atau bentuk pupuk, seperti pupuk cair, pupuk butiran atau pupuk granular, hingga bubuk atau kompos.

Nah, Anda juga bisa membuat pupuk butiran menjadi pupuk cair dengan cara melarutkannya. Namun, bagaimana sebenarnya manfaat melarutkan pupuk dan caranya?

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Memberikan Pupuk Pada Tanaman

Dilansir dari North Coast Gardening, Kamis (22/4/2021), ada beberapa manfaat melarutkan pupuk butiran menjadi pupuk cair, antara lain sebagai berikut.

1. Pupuk cair bekerja dengan cepat

Pupuk cair dapat bekerja lebih cepat daripada pupuk kering atau butiran, karena pupuk sudah larut ke dalam cairan sehingga tanaman akan cepat menyerapnya dalam jumlah yang lebih banyak.

Namun, ini tidak sesuai untuk semua pengaturan lanskap, seperti saat Anda memupuk tanaman hias berbentuk semak.

Akan tetapi, saat Anda memupuk tanaman atau bibit baru, atau tanaman dengan kekurangan nutrisi yang jelas seperti menguning atau menguning di sela-sela urat, pupuk cair organik dapat bertindak sebagai "minuman energi" bagi tanaman untuk meningkatkan kesehatan secara langsung.

Baca juga: Cara Memberikan Pupuk NPK pada Tanaman

2. Pupuk cair bekerja dalam cuaca dingin

Jika Anda menanam tanaman tahan dingin, pupuk kering atau bubuk akan hancur dengan sangat lambat, karena aktivitas mikroba di tanah melambat selama cuaca dingin.

Hal ini cocok untuk sebagian besar waktu, karena tanaman tidak boleh didorong untuk tumbuh terlalu cepat ketika cuaca masih dingin, namun ketika Anda mulai menanam sayuran atau bunga semusim, sedikit tambahan nutrisi dapat membantu tanaman untuk tumbuh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com