Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2021, 10:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Minum kopi atau teh di pagi hari menjadi kebiasaan rutin sebagian besar orang. Secangkir kopi atau teh di pagi hari diyakini akan menjadi "pompa" semangat untuk menjalani aktivitas.

Namun demikian, tanaman di pekarangan rumah Anda juga dapat menikmati manfaat yang diberikan oleh teh. Teh celup bekas, baik kantong teh maupun daun tehnya, bisa dimanfaatkan sebagai kompos dan pupuk tanaman.

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (5/4/2021), berikut penjelasan dan cara membuat kompos dan pupuk tanaman dari teh celup bekas.

Baca juga: Jangan Buru-buru Dibuang, Ini Deretan Manfaat Teh Celup Bekas

Bolehkah menggunakan teh celup bekas sebagai kompos dan pupuk tanaman?

Pertanyaan yang muncul kemungkinan adalah, "Bolehkah saya menggunakan teh celup bekas jadi pupuk tanaman dan kompos?". Jawabannya adalah ya, namun dengan beberapa peringatan.

Ilustrasi kantong teh, teh celup bekas. PIXABAY/DEVANATH Ilustrasi kantong teh, teh celup bekas.

Daun teh basah dari teh celup bekas yang ditambahkan ke tempat penampungan kompos meningkatkan kecepatan penguraian sampah organik yang akan dijadikan kompos.

Saat menggunakan teh celup bekas sebagai pupuk, baik di wadah kompos atau langsung di sekitar tanaman, pertama usahakan untuk mengidentifikasi apakah kantong teh celup dapat dibuat kompos. Adapun 20 hingga 30 persen kantong teh celup mungkin terbuat dari polipropilen, yang tidak akan terurai.

Jenis kantong teh ini mungkin licin saat disentuh dan tepinya tertutup panas. Jika demikian, buka kantong dan buang ke tempat sampah dan sisakan daun teh yang lembab untuk pengomposan.

Baca juga: 12 Bunga yang Biasa Dijadikan Teh, Tidak Cuma Melati

Jika Anda tidak yakin tentang bahan kantong teh celup saat membuat kompos, Anda dapat memasukkannya ke dalam wadah kompos dan mengambilnya kembali jika kantong tidak terurai.

Akan terlihat jelas jika kantong tersebut dapat dibuat kompos, karena cacing dan mikroorganisme tidak akan memecah bahan tersebut. Kantong teh yang terbuat dari kertas, sutra, atau muslin adalah kantong teh kompos yang cocok.

Cara menggunakan teh celup bekas jadi pupuk tanaman

Anda tidak hanya dapat membuat kompos kantong teh sebagai pupuk di tempat sampah, tetapi daun teh yang lepas dan kantong teh yang dapat dibuat kompos dapat digali di sekitar tanaman.

Menggunakan kantong teh dalam kompos menambahkan komponen kaya nitrogen ke kompos, menyeimbangkan bahan kaya karbon.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com