Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2021, 12:51 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk kamu yang menanam di dalam ruangan, memilih pot yang tepat sangatlah penting dilakukan. Karena, seiring berjalannya waktu, tanaman akan terus tumbuh dan membutuhkan ruang untuk menjalarkan akarnya.

Jika akar sudah memenuhi pot dan tanah sudah tak lagi subur, kamu harus segera memindahkan tanaman ke pot yang baru, yang lebih besar dengan media tanam baru yang lebih sehat dan mengandung banyak nutrisi untuk tanaman.

Itulah mengapa kamu perlu memilih pot yang tepat untuk tanamanmu. Berikut adalah tips memilih pot seperti dilansir dari Roohome, Selasa (20/4/2021), yang bisa memberimu inspirasi. 

Baca juga: Cara Menanam Bayam di Pot, dari Benih hingga Dipanen

1. Ukuran selalu menjadi faktor besar

Alasan utama mengapa kamu merepoting tanamanmu adalah karena pot saat ini tidak dapat lagi menampung tanaman yang sedang tumbuh.

Itulah mengapa masuk akal jika kamu membeli pot yang akan memberi tanamanmu ruang untuk tumbuh lebih banyak.

Saat mencari pot, pilih yang lebih besar dari sistem akar tanaman. Pastikan potnya satu minimal 3 cm lebih lebar. Ini adalah margin yang cukup bagi tanaman untuk tumbuh.

Namun jika kamu akan merawat tanaman yang tumbuh dengan cepat, ada baiknya kamu membeli pot yang berukuran 10 cm lebih lebar dari tanamannya.

Baca juga: 9 Bumbu Dapur yang Cocok Ditanam di Pot

2. Pilih bahan pot apa yang paling cocok untukmu

Pot tidak dibuat sama. Bahan yang berbeda digunakan untuk membuat pot yaitu plastik, keramik, tanah liat merah dan keranjang.

Meskipun bahan-bahan ini sangat bervariasi secara estetika, kamu tetap harus mempelajari perbedaan dari masing-masing bahan sehingga kamu akan tahu apa yang sesuai dengan taman rumahmu.

Pot dengan bahan-bahan ini sama sangat mudah ditemukan. Kamu bisa membelinya di toko berkebun lokal atau online.

- Pot plastik
Keunggulan unik dari pot plastik adalah harganya yang relatif lebih murah dan lebih ringan dari bahan lainnya. Selain itu, bahan ini tahan lama, dan mudah diatur di taman karena tidak terlalu berat.

Mereka juga tersedia dalam berbagai warna. Jika kamu menyiapkan taman yang semarak dan rimbun, pilih pot plastik yang dapat dibeli di toko bunga dan taman lokal yang menawarkan pengiriman bunga di hari yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com