Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal yang Bisa Sebabkan Kucing Tidur Lebih Lama Daripada Biasanya

Kompas.com - 13/04/2021, 15:58 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski dikenal sebagai hewan yang gemar tidur, pernahkah kamu memerhatikan kucingmu tidur lebih lama dari biasanya?

Kucing rata-rata tidur 12-16 jam dalam sehari. Jumlahnya bisa meningkat hingga 20 jam untuk anak kucing dan kucing yang lebih tua.

Meski jam tidur setiap kucing berbeda-beda, tetapi pada dasarnya kucingmu akan menghabiskan sekitar dua pertiga hidupnya untuk tidur dan tidur.

Baca juga: Tanaman yang Dirusak Oleh Kucing Dapat Diperbaiki?

Namun, perubahan pola tidur bersama dengan gejala lain yang harus diwaspadai dapat mengindikasikan bahwa kucingmu mungkin memerlukan perhatian medis.

Jadi, apakah kucingmu tidur lebih lama dari yang seharusnya? Berikut adalah kemungkinan alasan mengapa kucing peliharaanmu tidur lebih lama dari biasanya, dilansir beberapa sumber, Selasa (13/4/2021).

1. Kucing tidak benar-benar tidur nyenyak

Jika menurutmu kucing Anda terlalu banyak tidur, alasan utamanya adalah karena 75 persen dari waktu yang dihabiskan kucing untuk tidur bukanlah dalam keadaan tidur nyenyak.

Tidur siang kucing, biasanya memakan waktu antara 15-30 menit sepanjang hari. Ini adalah cara hewan peliharaanmu menyimpan energi saat tiba-tiba ada makanan, mangsa, atau ancaman.

Baca juga: Berapa Lama Kucing Hidup? Inilah Fakta Umur Rata-rata Si Meong

Dia mungkin tampak sedang tidur, tetapi pada sebagian besar waktu kucing pasti waspada dan akan siap untuk melompat dan mengejar ketika ia merasakan gerakan tiba-tiba.

2. Cuaca

Percaya atau tidak, cuaca juga bisa menjadi alasan kucing tidur lebih banyak dari biasanya.

Selama musim dingin atau musim hujan, tidak mengherankan jika tidur siang kucing menjadi lebih lama dan lebih sering. Jumlah cahaya juga akan memengaruhi kebiasaan tidur kucingmu.

3. Kebosanan

Kucing yang bosan atau stres bisa tidur lebih lama dari biasanya 12-16 jam. Jika kucingmu ditinggal sendirian di rumah saat kamu pergi bekerja, jangan kaget mengetahui bahwa dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tertidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com