Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2021, 08:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing menjadi hewan peliharaan yang sering dipilih oleh pencintannya. Selain fisiknya yang menggemaskan, tingkah mereka yang lucu membuat kucing menjadi salah satu hewan yang dipelihara di banyak rumah.

Bagi sebagian pemilik kucing, mereka memiliki ikatan khusus sehingga mereka menamakan hewan kesayangan tersebut dengan berbagai nama dan sering memanggilnya.

Namun, apakah Anda pernah curiga jika kucing peliharaan sengaja untuk mengabaikan panggilan tersebut?

Baca juga: Bolehkah Anak Kucing Minum Susu Sapi?

Dilansir dari Treehugger, Rabu (7/4/2021), peneliti Jepang ingin mengetahui apakah kucing dapat mengenali namanya, jadi mereka menguji kucing tersebut dengan berbagai panggilan manusia, termasuk nama kucing itu sendiri, kata benda umum, dan nama kucing lain yang tinggal di rumah yang sama.

Studi yang dipublikasikan di Scientific Reports ini menunjukkan bahwa kucing peliharaan dapat membedakan nama mereka dari kata benda umum dan nama kucing lain di rumah tetapi mereka tidak mungkin melakukan apa pun sebagai tanggapan.

Penelitian ini dilakukan terutama di laboratorium profesor Toshikazu Hasegawa dari Universitas Tokyo dengan Atsuko Saito, penulis utama makalah penelitian, yang merupakan profesor di Universitas Sophia di Tokyo, menurut EurekaAlert.

Mereka juga menguji teori yang sama ini di kafe kucing.

Baca juga: Ternyata, Ini Alasan Kucing Suka Mengikuti Kita ke Kamar Mandi

Kera, lumba-lumba, burung beo, dan anjing telah membuktikan bahwa mereka juga memahami beberapa kata yang diucapkan oleh manusia, tetapi seperti yang diketahui oleh pemilik kucing, kucing melakukan segala sesuatunya dengan cara mereka sendiri.

"Dibandingkan dengan spesies lain, kucing tidak begitu sosial. Kucing berinteraksi dengan kita saat mereka mau," kata Saito.

Tidak Mendengar

Penelitian sebelumnya oleh anggota tim peneliti yang sama menemukan bahwa kucing peliharaan mengenali suara pemiliknya, tetapi hasilnya sama yaitu kucing biasanya memilih untuk mengabaikan panggilan tersebut.

Para ilmuwan mengamati 20 kucing peliharaan di rumah mereka selama delapan bulan untuk memantau bagaimana hewan mengenali dan menanggapi suara yang berbeda, baik suara orang asing maupun pemilik kucing yang memanggil nama kucing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com