Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Listrik di Rumahmu Padam

Kompas.com - 08/04/2021, 15:44 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemadaman listrik atau biasa disebut dengan istilah mati lampu, adalah hal yang bisa terjadi suatu waktu pada sebuah pemukiman atau wilayah.

Pemadaman listrik biasanya terjadi karena adanya upaya perbaikan maupun pemeliharaan, atau telah terjadinya sebuah bencana seperti kebakaran, gempa bumi, banjir dan sebagainya.

Apabila suatu saat rumahmu mengalami pemadaman listrik, maka ada beberapa hal perlu kamu lakukan.

Baca juga: Tips Mengatur Suhu AC yang Nyaman untuk Tidur Sekaligus Hemat Listrik

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (8/4/2021), berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan saat rumahmu sedang mengalami pemadaman listrik.

1. Tanyakan tetangga yang lain

Saat listrik di rumahmu tiba-tiba padam, pastikan dengan betul bahwa pemadaman listrik tersebut memang bersumber dari perusahaan listrik, sehingga seharusnya rumah lain di sekitar rumahmu listriknya juga padam.

Oleh karena itu, tanyakan kepada tetangga sekitarmu saat listrik di rumahmu padam, karena bisa jadi pemadaman bukan berasal dari perusahaan listrik, melainkan ada kerusakan listrik atau listrik di rumahmu mati akibat kelebihan beban daya.

2. Membuat dalam rumah tetap hangat

Saat suasana atau cuaca begitu dingin dan terjadi pemadaman listrik, ini tentu sangat merepotkan dan kamu harus menjaga ruangan dalam rumahmu tetap hangat.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Oven Listrik

Untuk membuat dalam rumah tetap hangat, tutupi jendela dan pintu dengan selimut, atau rekatkan plastik di atasnya, untuk mencegah masuknya angin dan memperlambat proses pendinginan di dalam rumahmu.

Satu ruangan jauh lebih mudah untuk tetap hangat daripada beberapa ruangan, jadi selanjutnya, pilih "ruangan penghangat". Ini adalah ruangan di mana kamu akan menghabiskan waktu sampai listrik menyala kembali.

Ruangan penghangat terbaik adalah yang memiliki jendela paling sedikit dan itu kecil. Ajak semua orang rumah di rumahmu, termasuk hewan peliharaanmu masuk ke dalam ruangan penghangat.

Panas tubuh akan membantu menjaga ruangan tetap hangat jika kamu tetap menutup pintu. Pastikan untuk dibundel dengan selimut dan botol air panas juga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com