Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beberapa Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Listrik di Rumahmu Padam

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemadaman listrik atau biasa disebut dengan istilah mati lampu, adalah hal yang bisa terjadi suatu waktu pada sebuah pemukiman atau wilayah.

Pemadaman listrik biasanya terjadi karena adanya upaya perbaikan maupun pemeliharaan, atau telah terjadinya sebuah bencana seperti kebakaran, gempa bumi, banjir dan sebagainya.

Apabila suatu saat rumahmu mengalami pemadaman listrik, maka ada beberapa hal perlu kamu lakukan.

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (8/4/2021), berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan saat rumahmu sedang mengalami pemadaman listrik.

1. Tanyakan tetangga yang lain

Saat listrik di rumahmu tiba-tiba padam, pastikan dengan betul bahwa pemadaman listrik tersebut memang bersumber dari perusahaan listrik, sehingga seharusnya rumah lain di sekitar rumahmu listriknya juga padam.

Oleh karena itu, tanyakan kepada tetangga sekitarmu saat listrik di rumahmu padam, karena bisa jadi pemadaman bukan berasal dari perusahaan listrik, melainkan ada kerusakan listrik atau listrik di rumahmu mati akibat kelebihan beban daya.

2. Membuat dalam rumah tetap hangat

Saat suasana atau cuaca begitu dingin dan terjadi pemadaman listrik, ini tentu sangat merepotkan dan kamu harus menjaga ruangan dalam rumahmu tetap hangat.

Untuk membuat dalam rumah tetap hangat, tutupi jendela dan pintu dengan selimut, atau rekatkan plastik di atasnya, untuk mencegah masuknya angin dan memperlambat proses pendinginan di dalam rumahmu.

Satu ruangan jauh lebih mudah untuk tetap hangat daripada beberapa ruangan, jadi selanjutnya, pilih "ruangan penghangat". Ini adalah ruangan di mana kamu akan menghabiskan waktu sampai listrik menyala kembali.

Ruangan penghangat terbaik adalah yang memiliki jendela paling sedikit dan itu kecil. Ajak semua orang rumah di rumahmu, termasuk hewan peliharaanmu masuk ke dalam ruangan penghangat.

Panas tubuh akan membantu menjaga ruangan tetap hangat jika kamu tetap menutup pintu. Pastikan untuk dibundel dengan selimut dan botol air panas juga.


Jika kamu memiliki tenda kemah, menyiapkannya sebagai ruang penghangat di tengah ruang keluarga atau di kamar tidur juga merupakan ide yang bagus.

Tenda dirancang untuk menahan dingin, dan ukurannya kecil, sehingga tidak butuh waktu lama untuk memanaskannya.

Apa pun yang kamu lakukan untuk menghangatkan ruangan rumah, jangan gunakan kompor gas, pemanggang, atau pemanas agar tetap hangat. Ini dapat menyebabkan penumpukan gas berbahaya di rumahmu yang bisa mematikan.

3. Membuat dalam rumah tetap sejuk

Tetap sejuk saat cuaca panas sama pentingnya dengan tetap hangat saat cuaca dingin. Berikut beberapa tip tentang apa yang harus dilakukan ketika listrik do rumahmu padam saat kondisinya terasa begitu panas.

A. Pastikan kamu tetap terhidrasi. Tubuhmu membutuhkan air untuk mendinginkan dirinya sendiri.

B. Tutupi jendela dengan tirai atau selimut untuk menghindari panas matahari.

C. Buka jendela yang tidak menghadap matahari untuk membiarkan angin masuk.

D. Kenakan bandana basah di leher atau kepalamu dan kipaskan dengan tangan, majalah, atau kipas bertenaga baterai untuk mendinginkan dirimu.

E. Mandi atau berendamlah dengan air dingin. Tambahkan es ke bak mandimu jika air yang berasal dari keran dingin sudah hangat.

F. Jangan masak terlebih dahulu agar kompor gasmu tidak menambah lebih banyak panas ke dalam rumahmu.

4. Menjaga makanan tetap segar dan aman

Saat listrik padam, makanan di dalam kulkas dan freezer berisiko menjadi terlalu hangat. Makanan yang terlalu hangat dapat menumbuhkan bakteri berbahaya.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), makanan harus tetap pada 40 derajat atau di bawahnya untuk mencegah pembusukan.

Untuk memastikan makanan tetap dingin, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

Bob Gravani, pakar dari Institute of Food Technologists (IFT) dan profesor ilmu pangan di Cornell University membagikan kiat-kiat berikut tentang apa yang harus dilakukan saat listrik di rumahmu padam:

A. Pastikan kamu memiliki termometer alat di kulkas dan freezer. Kulkasmu harus bersuhu atau di bawah 4,44 derajat Celsius, dan freezer milikmu harus pada -17,78 derajat Celsius.

B. Siapkan beberapa pendingin untuk menyimpan makanan yang didinginkan. Bekukan wadah berisi air (seperti kendi galon kosong), serta es batu untuk digunakan sebagai pendingin agar menjaga makanan sedingin mungkin jika listrik padam.


Jika bisa, rencanakan sebelumnya dan cari tahu di mana kamu bisa membeli es kering dan balok es.

C. Jaga agar pintu kulkas dan freezer milikmu tertutup sebisa mungkin. Kulkasmu harus mempertahankan suhu dinginnya selama sekitar 4 jam tanpa daya.

Freezer penuh akan menahan suhunya selama sekitar 48 jam, tetapi hanya 24 jam jika sudah setengah penuh.

D. Jika ragu, buang saja. Jika suatu saat makanan tidak berada pada suhu di atas 4,44 derajat Celsius selama 2 jam atau lebih, buanglah.

Jangan pernah mencicipi makanan untuk menentukan apakah itu aman atau tergantung pada penampilan atau bau.

Makanan di dalam freezer yang masih memiliki kristal es dapat dibekukan kembali atau dimasak, tetapi jika kamu tidak yakin, lebih baik membuangnya.

Makan makanan yang tidak disimpan pada suhu yang tepat dapat menyebabkan penyakit meskipun dimasak dengan matang.

E. Simpan persediaan 3 hari untuk makanan yang tidak mudah busuk dan tidak memerlukan kulkas atau pemasakan seperti makanan kaleng dan susu kotak. Dan jangan lupa untuk membeli air kemasan.

5. Perhatikan air dan gunakan dengan hemat

Memastikan kebutuhan air di rumahmu saat listrik padam juga penting. Saat listrik padam, mungkin perusahaan pengolahan air perusahaan juga tidak bisa menyalurkan air ke rumahmu.

Jadi, kamu mungkin tidak memiliki air untuk waktu yang lama. Kamu dapat menyimpan air dengan mengisi bak mandimu.

Jika rumahmu menggunakan air sumur, kemungkinan besar kamu tidak akan memiliki air sampai listrik menyala kembali.

Cara terbaik untuk mendapatkan kembali air di rumahmu membeli air ke pedagang air yang mungkin lewat di sekitaran rumahmu.

Kekurangan air dapat menyebabkan masalah serius, oleh karena itu kamu mungkin perlu menghemat penggunaan air saat listrik padam.

6. Lindungi peralatan elektronikmu

Untuk melindungi rumahmu saat terjadi pemadaman listrik adalah dengan mencabut segala sesuatu yang dialirkan dengan listrik, bahkan peralatan elektronik utama di rumahmu.

Saat listrik menyala kembali, mungkin ada lonjakan listrik, yang dapat merusak atau berpengaruh buruk pada alat elektronik apapun yang stekernya masih terpasang ke stop kontak.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/08/154431676/beberapa-hal-yang-perlu-kamu-lakukan-saat-listrik-di-rumahmu-padam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke