Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2021, 13:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran di halaman rumah adalah hal yang menyenangkan. Namun, kondisi bisa menjadi tidak menyenangkan apabila tanaman sayuran diserang hama.

Meskipun tidak ada yang bisa menjamin Anda tidak akan mengalami masalah hama di halaman rumah, ada beberapa cara mudah untuk mengurangi populasi hama. Pada dasarnya, yang perlu dilakukan adalah hindari kondisi yang mengundang hama ke taman Anda.

Dilansir dari The Spruce, Kamis (8/4/2021), berikut 5 cara agar tanaman sayuran di halaman rumah tetap sehat dan tidak diserang hama.

Baca juga: Gunakan Limbah Sayuran Jadi Pupuk Cair Organik

1. Beri ruang bagi tanaman untuk bernapas

Jangan menanam sayuran terlalu padat dan berdekatan satu sama lain di halaman rumah. Awalnya memang ini akan memberi nuansa melimpah, namun dapat dengan mudah menimbulkan masalah dalam jangka panjang.

Sangat penting bahwa tanaman mendapat sirkulasi udara dari angin sepoi-sepoi secara teratur. Tanaman yang padat sangat mengundang untuk memberi makan serangga yang menikmati perlindungan dari panas dan perlindungan dari predator.

Jadi, jika Anda harus menanam dengan cermat, Anda perlu memantau hama lebih sering.

2. Menyiram tanaman di pagi hari

Jika memungkinkan, sirami tanamab di pagi hari. Ini menawarkan dua keuntungan. Pertama, tanaman Anda akan terhidrasi dengan baik saat bagian terpanas hari itu tiba.

Baca juga: 6 Sayuran yang Tumbuh dengan Cepat, Cocok Ditanam di Rumah

Tanaman akan cenderung tidak layu dan stres. Ini membuat mereka kurang menarik bagi serangga hama yang memangsa tanaman yang stres.

Kedua, daun memiliki waktu untuk mengering sebelum malam. Tanaman basah, terutama jika Anda juga cenderung menanam sesuatu dengan rapat dan rapat, merupakan tempat berkumpul yang ideal untuk banyak hama taman, seperti siput, dan earwigs.

Selain itu, lebih baik menyiram dalam sekali atau dua kali seminggu daripada hanya membasahi permukaan tanah, dan daunnya, secara teratur. Tanaman tahunan mungkin membutuhkan lebih banyak air karena cenderung memiliki sistem akar yang lebih dangkal.

3. Undang kodok dan burung ke halaman rumah

Buatlah taman Anda menyambut hewan yang memakan serangga. Katak berada di puncak daftar itu.

Terkadang yang diperlukan untuk mengundang mereka hanyalah semangkuk air. Seringkali mereka hanya menunggu serangga di tanah untuk makanan mereka.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com