Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2021, 12:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Asia One

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain masker bedah, maupun masker hybrid hingga N95, saat ini banyak orang lebih memilih memakai masker berbahan kain sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus corona.

Memiliki pola dan motif yang lebih banyak ketimbang masker medis pada umumnya, sebagian orang menganggap bahwa masker kain justru lebih modis dan dapat menunjang tampilan mereka.

Namun, seperti apa pun yang sering dipakai, masker berbahan kain yang kamu miliki kemungkinan besar akan terkena noda di beberapa titik.

Baca juga: Simak, 6 Kesalahan dalam Mencuci Masker Kain

Terlebih lagi jika kamu adalah seseorang yang tetap menggunakan make up atau riasan wajah di bawah masker, maka tentu terdapat noda make up yang akan menempel.

Jadi, apabila masker kain yang kamu miliki kerap terkena noda make up, berikut beberapa tips untuk membantumu membersihkannya dengan sempurna, dilansir dari Asia One, Minggu (4/4/2021).

Metode 1: Sabun lembut dan air hangat

Jika kamu menangani noda membandel, rendam maskermu dengan sabun lembut dan larutan hangat untuk jangka waktu yang lebih lama sampai noda riasan yang menyinggung hilang.

Metode 2: Dengan tisu pembersih makeup

Tisu pembersih make up tidak hanya untuk wajahmu, tisu ini juga berguna untuk menghilangkan make up dari masker kain milikmu. Mudah dan berhasil.

Baca juga: 7 Manfaat Cuka untuk Mencuci Pakaian dan Mesin Cuci

Ambil 1 tisu pembersih make up dan oleskan atau gosok perlahan sampai noda terangkat. Cara ini paling efektif untuk noda baru yang belum sempat mengering dan mengeras.

Metode 3: Es batu

Ini adalah salah satu trik sederhana lainnya untuk menghilangkan make up dari masker kainmu. Gosokkan es batu dengan kuat pada noda.

Pastikan untuk tidak menggunakan air panas karena bisa menyebarkan noda. Es batu bagus jika kamu tidak ingin merusak serat halus seperti masker berbahan kain sutra.

Metode 4: Alkohol gosok

Masker kainmu berurusan dengan noda dari lipstik favoritmu? Rendam kapas atau waslap dalam alkohol gosok sebelum mengusapnya dengan lembut pada area masker yang terkena noda lipstik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com