Kompas.com - 04/04/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi tanaman hias fiddle leaf fig atau ara biola di dalam rumah. SHUTTERSTOCK/ARTFULLY PHOTOGRAPHERIlustrasi tanaman hias fiddle leaf fig atau ara biola di dalam rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini, merawat tanaman hias di dalam rumah menjadi salah satu gaya dekorasi yang diterapkan oleh beberapa orang.

Daya tarik tanaman hias dalam ruangan alias tanaman hias indoor tak sekadar membuat ruangan semakin asri dan teduh saja, namun beberapa varietas tanaman dapat membantu membersihkan udara dari racun yang berbahaya.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (4/4/2021), penelitian terbaru menunjukkan bahwa tanaman juga dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental manusia.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok di Sudut Ruang Tamu

Menurut survei baru-baru ini, enam dari 10 orang dewasa percaya tanaman dalam ruangan memiliki kemampuan menenangkan.

Empat dari 10 orang, mengatakan jika tanaman hijau membuat mereka bahagia dan 55 persen percaya itu adalah bagian penting untuk membuat rumah terasa lebih nyaman.

Dari berbagai banyak tanaman, ada beberapa tanaman yang mudah dirawat dan dapat mendatangkan kesejahteraan di dalam rumah, sebagai berikut. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Fiddle leaf fig atau ara biola

Tanaman ini sering diletakkan di dalam rumah ataupun di kantor. Fiddle leaf fig atau yang dikenal dengan daun ara memiliki daun yang mengkilap serta ukuran besar sehingga cocok diletakkan di sudut ruangan.

Baca juga: 4 Tempat Tak Terduga untuk Meletakkan Tanaman Hias di Dalam Rumah

Tanaman ini dapat tumbuh subur di ruangan yang terang namun terlindung dari sinar matahari langsung dan berangin.

Ilustrasi tanaman hias Calathea Rattlesnake. UNSPLASH/SEVERIN CANDRIAN Ilustrasi tanaman hias Calathea Rattlesnake.

2. Rattlesnake plant (Calathea lancifolia) 

Mencari suasana tropis yang penuh warna? Rattlesnake plant bisa menjadi pilihan. Memiliki daun yang panjang dengan totol-totol yang lebih gelap dari warna hijau di permukaan dan warna ungu di balik daunnya membuat ruangan semakin lebih menarik.

Tanaman yang dapat tumbuh sekitar 60 cm ini menyukai kelembaban dan dapat diletakkan di kamar mandi yang memiliki cahaya terang.

Untuk menjaganya tumbuh subur, jaga agar campuran pot tetap lembab, dan berikan pupuk secara teratur.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X