Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2021, 16:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika kamu merasa sudah melakukan segala sesuatunya dengan benar saat merawat tanaman, berbagai masalah yang dapat merusak tanaman bisa saja tetap muncul, salah satunya seperti embun tepung.

Embun tepung mengacu pada sekelompok penyakit jamur yang semuanya muncul sebagai lapisan putih tepung pada tanaman, terutama saat kelembapan tinggi.

Biasanya embun tepung tidak membunuh tanaman, tetapi dapat melemahkannya dan menyebabkan pertumbuhan dan hasil yang buruk.

Baca juga: Air Kolam Ikan Bagus untuk Pertumbuhan Tanaman? Ini Penjelasannya

Menjaga tanaman tetap sehat akan membantu meminimalkan kerusakan, tetapi terkadang kamu membutuhkan bantuan fungisida, alias pestisida yang secara spesifik membunuh atau menghambat cendawan penyebab penyakit.

Saat menggunakan fungisida, itu bukan berarti kamu harus menggunakan bahan kimia. Untuk mengatasi embun tepung, coba semprotan susu, seperti yang dilansir The Spruce, Sabtu (27/2/2021).

Tips

Menanam dedaunan yang tahan penyakit, memberi jarak tanaman yang tepat untuk sirkulasi udara yang optimal, dan menyiram di pagi hari adalah praktik yang baik untuk membantu mengurangi timbulnya embun tepung.

Tetapi ketika datang ke tanaman, embun tepung adalah masalah yang cepat menyebar. Jadi kamu harus segera menghilangkan dedaunan yang sakit jika kamu ingin mengendalikannya.

Baca juga: Cara Membuat Media Tanam Aglonema yang Steril dari Jamur dan Serangga

Kapan menggunakan susu untuk mengontrol embun tepung?

Susu bekerja paling baik sebagai tindakan pencegahan daripada sebagai obat. Ini berarti kamu idealnya menerapkannya pada awal cuaca hangat dan lembap sebelum embun tepung muncul di tanamanmu.

Melalui pengalaman, kamu mungkin sudah mengetahui waktu dalam setahun ketika penyakit itu kemungkinan besar akan muncul.

Semprot tanamanmu yang rentan segera setelah kondisi jamur utama mulai muncul atau ketika dedaunan mulai menunjukkan tanda-tanda jamur.

Peralatan dan bahan yang dibutuhkan

1. Botol semprot
2. Susu
3. Air

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com