Kompas.com - 27/02/2021, 15:26 WIB
Ilustrasi tanaman hias bunga geranium terkena sinar matahari. PIXABAY/MANFRED RICHTERIlustrasi tanaman hias bunga geranium terkena sinar matahari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemupukan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan tanaman karena dengan pemupukan yang benar dan rutin akan menghasilkan tanaman yang subur.

Jenis pupuk pun beragam, organik dan non organik, sesuai dengan kebutuhan tanaman masing-masing.

Namun, beberapa orang lebih memilih pupuk organik, karena tidak memiliki kandungan kimia di dalamnya.

 Baca juga: Trik Menanam Cabai Menggunakan Botol Air Bekas

Bahkan, pupuk organik ini bisa dibuat dengan menggunakan beberapa bahan di dalam rumah, mulai dari cangkang telur, kulit pisang, air bekas cucian beras, dan lain-lain yang tentunya memiliki berbagai kandungan yang bisa menyuburkan tanaman.

Namun, tahukah Anda jika ada cara penyiraman yang sekaligus dengan pemupukan? Mengutip kanal Youtube Tanaman Rumah, Sabtu (27/2/2021), air kolam ikan dapat dijadikan pupuk dalam setiap penyiramannya karena di dalamnya mengandung berbagai kandungan yang dibutuhkan tanaman.

Nitrogen dan Fosfor

Jadi, jika Anda memiliki kolam ikan di rumah, bisa memanfaatkannya untuk menyiram tanaman. Air kolam ikan terlebih yang sudah berwarna hijau, memiliki kandungan nitrogen dan fosfor yang baik untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Kandungan nitrogen pada air kolam ikan dapat merangsang pertumbuhan pada tanaman khususnya pada batang, cabang, dan daun.

Baca juga: Tanaman Mati Ketika Disemprot Air Bawang Putih? Ini Penyebabnya

Kemudian, fosfor yang terkandung pada air kolam ikan dapat membantu merangsang pertumbuhan akar tanaman, khususnya akar benih atau tanaman muda.

Selain itu, fosfor juga berfungsi sebagai bahan mentah untuk pembentukan protein tertentu, serta mampu membentuk protein pada media tanam.

Karena yang membuat tanaman menjadi subur adalah proses pertumbuhan akar, batang, ranting, daun, serta bunga dan buah.

Untuk pengaplikasiannya, Anda tidak perlu rutin menyiramnya setiap hari, siram minimal tiga hari sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X