Kompas.com - 27/02/2021, 14:06 WIB
Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot. PIXABAY/LEELUUIlustrasi tanaman cabai di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman bukan hanya tanaman hias atau tanaman bunga. Anda juga bisa menanam sayuran dan buah-buahan di rumah, sehingga bisa langsung menikmati manfaatnya.

Salah satu yang bisa Anda pilih adalah tanaman cabai. Ya, sudah banyak orang yang sejak lama menanam cabai di pekarangan rumah, sehingga saat dipanen bisa langsung dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

Nah, menanam cabai pun tidak harus di halaman rumah. Anda juga bisa menanam cabai di dalam rumah dengan menggunakan pot.

Baca juga: Tips Menanam Cabai Saat Musim Hujan agar Tidak Membusuk

Bagaimana caranya? Dikutip dari Momtastic, Sabtu (27/2/2021), berikut penjelasannya.

Cara menanam cabai di dalam rumah

Pertama, saat Anda membeli benih cabai, pastikan benih tersebut cocok untuk ditanam di dalam ruangan. Coba cek keterangan pada kemasannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, jangan hanya menanam dengan jumlah yang tepat, selalu tanam satu benih tambahan. Misalnya, jika Anda ingin menanam tiga tanaman, taburkan empat biji, karena terkadang biji tidak dapat berkecambah.

Kemudian, tanam di dalam pot yang sudah diisi kompos dan tutupi dengan lapisan tipis vermikulit atau kompos, lalu air. Jika Anda tidak memiliki pot berpenutup, Anda bisa menggunakan penutup plastik bening di atasnya.

Baca juga: Begini Cara Menanam Cabai Rawit untuk Pemula

Anda juga bisa menggunakan kantong makanan yang diamankan dengan karet gelang. Pastikan untuk menggunakan sesuatu yang jernih karena sinar matahari akan membantu benih berkecambah.

iperlukan waktu hingga dua minggu agar benih berkecambah dan bibit muncul. Masukkan setiap bibit ke dalam pot kecil.

Anda dapat menggunakan pot berupa kemasan bekas yogurt dengan lubang di bagian bawah jika Anda tidak memiliki pot kecil karena tidak akan lama berada di dalam pot.

Setelah memiliki sekitar lima tingkat daun, ada baiknya untuk memetik bagian atas tanaman. Melakukan hal ini mendorong tanaman muda untuk bercabang, yang penting untuk memastikan tanaman cabai yang bagus, lebat, dan banyak buahnya.

Halaman:


Sumber momtastic
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.