Kompas.com - 27/02/2021, 10:08 WIB
Ilustrasi merawat tanaman hias di balkon. SHUTTERSTOCK/MAKISTOCKIlustrasi merawat tanaman hias di balkon.

JAKARTA, KOMPAS.com — Bercocok tanam bisa dilakukan dimana saja, termasuk kamu yang tinggal di apartemen atau flat. Meski kamu tak memiliki banyak halaman, namun kamu tetap bisa memulai hobi bercocok tanam.

Asalkan kamu memiliki jendela atau balkon yang bisa memberikan cahaya untuk tanaman, kamu sudah bisa memulai bercocok tanam sederhana.

Kamu bisa menanam tanaman hias indoor, tanaman hias luar ruangan, atau bahkan sayuran dan buah.

Baca juga: Menanam Cabai di Balkon Rumah, Solusi untuk Lahan Terbatas

Bagaimana memulainya

Dilansir dari Love to Know, Sabtu (27/2/2021), beberapa orang menanam tumbuhan di ambang jendela dapur apartemen. Ada pula yang menanam tanaman dalam pot untuk kemudian digantung di balkon dan diletakkan di dalam ruangan.

Ada juga yang membangun taman di rooftop dan atau di pojok balkon mini miliknya.

Untuk kamu yang baru memulai, berikut adalah beberapa jenis tanaman yang bisa kamu tanam di apartemen:

1. Taman bunga dalam ruangan

Buat taman bunga dalam ruangan yang indah di sudut nyaman apartemen bisa menjadi pilihan. Pilih sudut yang paling banyak mendapatkan sinar matahari penuh, atau beli lampu sorot yang bisa dilengkapi dengan lampu yang bisa menumbuhkan tanaman.

 

Baca juga: Ingin Merawat Tanaman di Balkon? Simak 7 Tips Ini Dulu

Pastikan lampu diposisikan untuk menyinari tanaman.

Pilih tanaman yang tumbuh subur di dalam ruangan. Kamu bisa memilih tanaman berbunga yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari langsung seperti violet Afrika, gardenia dan melati.

Kamu juga bisa membeli rak bertingkat atau rak buku untuk menata tanaman dalam ruangan agar cantik dan menjadi dekorasi yang segar dalam ruangan.

2. Sayuran

Sayuran juga dapat ditanam di apartemen. Tidak semua sayuran tumbuh dengan baik, tentu saja, tetapi kamu bisa menanam selada di dalam ruangan.

Jika kamu memiliki balkon, jauh lebih baik, kamu bisa menanam tomat, paprika, mentimun, dan bahkan buah-buahan kecil seperti stroberi dan melon.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X