Kompas.com - 27/02/2021, 09:27 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah. SHUTTERSTOCK/VGSTOCKSTUDIOIlustrasi membersihkan rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah mungkin bukan aktivitas favorit untuk dirimu, tetapi itu perlu dilakukan agar menjauhkan kekacauan dan berbagai kuman penyakit.

Sebagian besar orang hanya ingin menyelesaikan pekerjaan rumah dalam waktu sesingkat mungkin, tapi menginginkan hasil terbaik dari usahanya.

Namun, kamu perlu membuat beberapa perubahan pada rutinitas pembersihanmu dan kamu akan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati rumah bersih.

Baca juga: 7 Trik Membersihkan Rumah ala Jepang

Untuk membantumu menjadi lebih teratur, berikut ini adalah 5 kesalahan pembersihan teratas yang mungkin kamu lakukan, dilansir dari The Spruce, Sabtu (27/2/2021).

Kesalahan 1: Menunda pekerjaan membersihkan

Apakah kamu langsung mengelap agar-agar maupun sesuatu yang manis yang jatuh ke lantai? Atau kamu malah membiarkannya selama beberapa waktu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun kamu sedang terburu-buru, jika kamu membiarkan agar-agar maupun sesuatu yang manis di lantai, akan ada semut dan hewan lainnya yang menghampiri dan membuat kekacauan di lantai semakin bertambah.

Jadi, saat kamu menyelesaikan masalah dari awal, mungkin kamu cume dapat menghabiskan 15 atau 20 detik untuk membersihkan kekacauan.

Baca juga: Membersihkan Rumah Baik untuk Kesehatan Mental, Berikut Penjelasannya

Namun, apabila menundanya, mungkin kamu akan menghabiskan 20 hingga 30 menit untuk membersihkan kekacauan yang bertambah.

Prinsip yang sama berlaku untuk hampir semua pekerjaan pembersihan. Beberapa menit yang dihabiskan untuk membersihkan dan menata ruangan setiap hari membuat pembersihan yang "berat" menjadi lebih mudah.

Area persiapan makanan dapur harus disterilkan, cucian kotor ditempatkan di keranjang, wastafel kamar mandi dan pintu kamar mandi diseka setelah digunakan dan barang-barang seperti surat, koran, dan kwitansi dibersihkan setiap hari.

Kemudian, tugas mingguan untuk membersihkan debu, menyedot debu, membersihkan toilet, mengepel lantai dapur, dan mencuci pakaian jauh lebih sederhana.

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.