Kompas.com - 26/02/2021, 16:09 WIB
Ilustrasi tanaman cabai. UNSPLASH/PRINCE ABIDIlustrasi tanaman cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman cabai dapat menjadi pilihan yang tepat selain memilih tanaman hias.

Selain itu, ketika harga cabai sedang melonjak, Anda dapat memanen cabai tanpa harus merogoh biaya yang lebih mahal daripada sebelumnya.

Menanam cabai bisa dikatakan tidak terlalu sulit, karena cabai dapat hidup di media mana pun, termasuk botol air bekas.

 

Baca juga: Garam dan Micin Bisa Bikin Tanaman Cabai Tumbuh Lebat, Ini Caranya

Pemakaian botol air bekas ini juga dianggap dapat menghemat ruang, karena penanamanya bisa dilakukan dengan cara menggantungnya di dinding.

Mengutip dari kanal Youtube Rumah Petani TV, Jumat (26/2/2021), sama halnya ditanam di media lainnya, menanam cabai di botol air bekas juga memerlukan media tanam yang bagus agar tanaman bisa tumbuh dengan subur.

Lantas, bagaimana cara menanam cabai dengan menggunakan botol air bekas ini? Simak ulasannya berikut.

Bibit Cabai 10-14 Hari

Untuk memulainya, siapkan dua botol air bekas, media tanam yang terdiri dari tanah dan sekam, serta bibit cabai yang berusia 10 hari dan sudah siap untuk dipindahkan.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Cabai di Pot

Pertama, potong botol air bekas sekitar 30 cm menggunakan curter atau pisau, sisakan tempat untuk menggantung botol bekas tersebut. Kemudian buat lubang di sekeliling botol bekas tersebut untuk sirkulasi udara.

Setelah selesai, tambahkan media tanamnya, yakni tanah hitam dan sekam padi dengan perbandingan 1:1. Jika menggunakan media tanam ini tidak perlu menggunakan pupuk karena nutrisi yang terkandung di dalamnya sudah cukup.

Yang harus diketahui adalah gunakan bibit cabai yang memiliki usia 10 hingga 14 hari dan daunnya minimal ada lima helai daun.

Ketika memindahkan bibit cabai ke botol air bekas usahakan jangan sampai goyang. Tanam hingga cabai tidak bergerak dan tambahkan sedikit media tanam di atasnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X