Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ide Kreatif untuk Maksimalkan Ruang di Bawah Tangga

Kompas.com - 23/02/2021, 21:12 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang pada bagian bawah tangga, biasanya menjadi salah satu tempat atau ruang yang dibiarkan kosong oleh tidak sedikit penghuni rumah.

Beberapa penghuni rumah lebih cenderung membiarkan ruang bawah tangga yang mereka miliki terlihat polos tanpa sebuah dekorasi, sehingga tidak memberikan kedalaman lebih pada sebuah ruangan.

Padahal, ruang di bawah tangga dapat sempurna untuk dijadikan ruang tambahan dalama beberapa hal, yang akan menambahkan kedalaman ruangan yang menaungi tangga rumahmu.

Baca juga: 6 Cara Kreatif Memanfaatkan Ruangan di Bawah Tangga

Agar tidak mubazir apabila dibiarkan apa adanya, ada beberapa ide unik untuk memaksimalkan ruang bawah tangga yang kamu miliki, dilansir dari beberapa sumber, Selasa (23/2/2021).

1. Jadikan ruang baca

Jika kamu memiliki cukup ruang, bawalah estetika dengan menambahkan bangku pernyataan yang melengkapi interior rumahmu. Ini bisa menjadi salah satu sudut yang menyenangkan di mana kamu meringkuk dengan buku yang bagus.

2. Jadikan tempat penyimpanan

Apakah kamu membutuhkan ruang ekstra untuk penyimpanan barang-barang? Jika iya, kamu bisa menyesuaikan lemari terbuka agar sesuai dengan kebutuhanmu. 

Jika ide lemari terbuka tidak menarik bagimu, kamu juga dapat memilih lemari tersembunyi untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai. 

Baca juga: Metode Terbaik untuk Meminimalisir dan Mengelola Sampah Rumah Tangga

Kamu bahkan dapat memasang laci pada bawah tangga untuk membuat ruang lebih berfungsi.

3. Jadikan tempat koleksi buku

Ubah ruang di bawah tangga menjadi perpustakaan rumah kecil. Tidak hanya akan terlihat gaya, tetapi juga akan menjadi cara sempurna untuk menambahkan kehidupan ke tempat hambar di bawah tangga.

Kamu juga bisa meletakkan beberapa barang dekoratif agar terlihat lebih menarik.

4. Jadikan tempat meletakkan tanaman

Tidak memiliki cukup ruang antara lantai dan tangga? Tempatkan beberapa tanaman yang agak pendek agar udara dalam ruanganmu lebih segar dan terlihat canggih.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com