Kompas.com - 04/02/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi sampah organik SHUTTERSTOCKIlustrasi sampah organik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelolaan sampah di seluruh dunia telah menjadi masalah yang mendesak, karena sangat berdampak terhadap lingkungan.

Dengan peningkatan populasi secara eksponensial selama beberapa abad terakhir, bumi telah mengumpulkan limbah dalam jumlah besar tanpa sistem pembuangan yang tepat.

Berdasarkan pernyataan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, jumlah timbunan sampah di Indonesia pada tahun 2020 yang lalu ditaksir lebih dari 67,8 juta ton.

Baca juga: Ajarkan Anak Kelola Sampah Sejak Dini di Rumah dengan Cara Ini

Oleh karena itu, setiap manusia harus lebih sadar dan peduli dengan bertanggung jawab untuk lebih teratur dan merencanakan pembuangan sampah mereka secara efisien.

Pada artikel kali ini akan membantumu memahami metode meminimalisir sekaligus mengelola sampah di rumah, dilansir dari beberapa sumber, Rabu (4/2/2021).

Cara sederhana dan efektif meminimalisir sampah di rumah

Jika setiap rumah tangga melakukan perencanaan dan pemilahan sampah, maka pengelolaan sampah akan menjadi lebih sederhana.

Langkah pertama untuk meminimalisir sampah adalah mengurangi sampah di rumah. Langkah selanjutnya melibatkan penggunaan kembali atau daur ulang bahan.

Baca juga: Hilangkan Bau Tempat Sampah dengan Bahan-bahan Ini

Di bawah ini adalah langkah-langkah dalam meminalisir dan mengelola sampah rumah tangga.

1. Hindari plastik

Sulit untuk mengelola sampah plastik karena tidak dapat didaur ulang. Inilah salah satu alasan utama mengapa kamu harus menghindari kantong plastik.

Bawalah tas belanjamu sendiri saat kamu pergi ke toko bahan makanan. Jangan gunakan wadah plastik untuk menyimpan barang-barang dapur. Gunakan kaca untuk penyimpanan. Ini lebih sehat untuk keluargamu dan untuk lingkungan.

2. Beli produk yang memiliki kemasan minimal

Berbelanjalah di bagian 'pembelian massal' di toko bahan makanan. Beras, kacang-kacangan, dan kebutuhan pokok lainnya dapat dibeli tanpa kemasan plastik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X