Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2021, 14:20 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu baru pindah ke rumah dan mencoba hidup mandiri, kamu harus punya peralatan petukangan dasar sebagai persiapan.

Pasalnya, pindah ke rumah baru membutuhkan banyak penyesuaian di sana-sini, termasuk lingkungan dan penataan barang.

Dalam menata, kamu butuh beberapa alat untuk membantumu. Berikut adalah lima alat pertukangan dasar yang harus ada di rumah untuk jaga-jaga menurut kanal Real Living, Jumat (12/2/2021).

Baca juga: 8 Ide Memangkas Biaya Renovasi Kamar Mandi

1. Meteran

Meteran dengan pengunci sangat penting dalam rumah tangga mana pun, karena pada titik tertentu, kamu perlu mengukur ruangan, mungkin untuk renovasi atau untuk membeli perabot baru.

Pastikan untuk memilikinya dan simpan dengan baik agar tidak mudah rusak.

2. Obeng

Sangat penting untuk memiliki satu set obeng dengan berbagai tip dan ukuran, tetapi jika kamu ingin segala sesuatunya kompak, gunakan obeng multi-bit, yang pada dasarnya adalah alat praktis yang dilengkapi dengan tip berbeda yang dapat disimpan dengan mudah.

3. Palu

Ini adalah dasar dalam alat pertukangan apa pun, terutama jika rumah Anda memiliki banyak kayu. Dapatkan paku yang memiliki cakar melengkung jika Anda perlu mencabut dan mencabut paku lama.

Baca juga: 6 Cara Mudah Mempercantik Dapur Tanpa Renovasi

4. Tang

Ada berbagai macam tang di luar sana, tetapi tidak apa-apa untuk tetap menggunakan tiga jenis tang, yakni tang dengan ujung yang runcing untuk kabel yang terpuntir, tang dengan jenis kombinasi untuk membantumu mengendurkan dan mengencangkan mur atau baut, dan tang potong untuk memotong kabel yang tebal.

5. Kunci inggris

Tang kombinasi dan tang potong mungkin membantu, tetapi tidak ada yang seperti kunci pas.

Kunci pas dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran dan digunakan untuk mencengkeram, mengikat, memutar, mengencangkan dan melonggarkan benda-benda seperti pipa, alat kelengkapan pipa, mur dan baut.

Pada dasarnya ada dua jenis kunci pas, yakni kunci pas pipa yang digunakan dalam pipa ledeng untuk menggenggam benda bulat (silinder).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com