Kompas.com - 12/02/2021, 08:52 WIB
Ilustrasi dapur sempit, ubin dinding dapur. SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEKIlustrasi dapur sempit, ubin dinding dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan dapur bisa menjadi hal yang menyulitkan. Sebab, area dapur menjadi tempat memasak dan menghasilkan beberapa noda serta kotoran yang sulit dihilangkan terutama di bagian dindingnya.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (12/2/2021), ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan noda di dinding dapur. Namun solusi ini berfungsi pada dinding yang dicat.

1. Boraks serbaguna

Boraks, juga dikenal sebagai natrium borat, berfungsi ganda sebagai pembersih dan disinfektan bila dikombinasikan dengan air.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Disingkirkan dari Meja Dapur

Tambahkan air panas ke dalam ember atau botol semprot dan larutkan boraks di dalamnya, sekitar seperempat gelas untuk setiap 8 gelas air. Semprotkan langsung ke dinding dapur dan segera bersihkan dengan spons atau kain lap yang tidak abrasif.

Sebagai alternatif, basahi spons dalam larutan, seka dinding, dan ikuti langkah ini dengan spons yang basah dan bersih.

Lakukan dari atas ke bawah saat membersihkan untuk menghindari tetesan di lengan Anda, dan kenakan sarung tangan karet panjang.

2. Mendisinfeksi dan menghilangkan bau dengan cuka

Cuka suling putih dapat melawan lemak, mendisinfeksi dinding, menetralkan bau, dan menghilangkan noda yang sulit diatasi, terutama yang disebabkan oleh asap.

 

Baca juga: Punya Rak Terbuka di Dapur? Berikut Cara Menatanya dengan Benar

Selain itu, cuka murni 100 persen bekerja dengan baik pada dinding dapur yang sangat kotor atau berminyak, sedangkan larutan 50-50 cuka dan air adalah pilihan yang baik untuk pembersihan pemeliharaan.

Semprotkan langsung ke dinding dan seka dengan kain atau spons basah. Aroma yang kuat dengan cepat menghilang saat cuka menguap, tetapi tambahkan beberapa tetes minyak esensial agar prosesnya lebih menyenangkan.

3. Baking soda atau soda kue

Noda membandel membutuhkan lebih banyak tenaga untuk dibersihkan, dan soda kue dapat menghilangkannya.

Taburkan sedikit pada spons yang dibasahi dengan air hangat dan gosok perlahan ke area yang tidak dapat menggunakan cuka atau boraks.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X