Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2021, 08:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan dapur bisa menjadi hal yang menyulitkan. Sebab, area dapur menjadi tempat memasak dan menghasilkan beberapa noda serta kotoran yang sulit dihilangkan terutama di bagian dindingnya.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (12/2/2021), ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan noda di dinding dapur. Namun solusi ini berfungsi pada dinding yang dicat.

1. Boraks serbaguna

Boraks, juga dikenal sebagai natrium borat, berfungsi ganda sebagai pembersih dan disinfektan bila dikombinasikan dengan air.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Disingkirkan dari Meja Dapur

Tambahkan air panas ke dalam ember atau botol semprot dan larutkan boraks di dalamnya, sekitar seperempat gelas untuk setiap 8 gelas air. Semprotkan langsung ke dinding dapur dan segera bersihkan dengan spons atau kain lap yang tidak abrasif.

Sebagai alternatif, basahi spons dalam larutan, seka dinding, dan ikuti langkah ini dengan spons yang basah dan bersih.

Lakukan dari atas ke bawah saat membersihkan untuk menghindari tetesan di lengan Anda, dan kenakan sarung tangan karet panjang.

2. Mendisinfeksi dan menghilangkan bau dengan cuka

Cuka suling putih dapat melawan lemak, mendisinfeksi dinding, menetralkan bau, dan menghilangkan noda yang sulit diatasi, terutama yang disebabkan oleh asap.

 

Baca juga: Punya Rak Terbuka di Dapur? Berikut Cara Menatanya dengan Benar

Selain itu, cuka murni 100 persen bekerja dengan baik pada dinding dapur yang sangat kotor atau berminyak, sedangkan larutan 50-50 cuka dan air adalah pilihan yang baik untuk pembersihan pemeliharaan.

Semprotkan langsung ke dinding dan seka dengan kain atau spons basah. Aroma yang kuat dengan cepat menghilang saat cuka menguap, tetapi tambahkan beberapa tetes minyak esensial agar prosesnya lebih menyenangkan.

3. Baking soda atau soda kue

Noda membandel membutuhkan lebih banyak tenaga untuk dibersihkan, dan soda kue dapat menghilangkannya.

Taburkan sedikit pada spons yang dibasahi dengan air hangat dan gosok perlahan ke area yang tidak dapat menggunakan cuka atau boraks.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com