Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2021, 13:11 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah ruangan yang gelap pada sebuah rumah memberi kesan yang tak apik dalam segi desain interior, sekaligus memunculkan kesan menyeramkan.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik rumah yang memiliki sebuah ruangan yang agak gelap untuk mencerahkannya, agar mampu menghidupkan suasana dan ruangan tersebut jadi lebih baik.

Dan, pencahayaan adalah sumber penting untuk mencerahkan ruang yang gelap dan memberi karakter pada area tersebut. Hal ini membantu membuat ruang terlihat lebih besar dan lebih baik.

Baca juga: Mengecat Plafon, Cara Lain untuk Lebih Hidupkan Ruangan

Untuk menjauhkan ruangan menjadi gelap, berikut ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencerahkan ruangan yang gelap, dilansir dari beberapa sumber, Rabu, (27/1/2021).

1. Cat plafon putih

Langit-langit atau plafon yang gelap bisa menjulang di atas ruangan dan membuatnya terasa kecil. Untuk segera mencerahkan ruang, lapiskan cat putih cerah baru untuk plafon

Balok kayu pada plafon yang gelap juga bisa menggelapkan ruangan. Warnai mereka juga, dan semua kegelapan akan menghilang.

2. Batasi warna gelap menjadi aksen

Warna adalah alat desain yang luar biasa. Tetapi terlalu banyak rona warna gelap bisa membuat ruangan terasa tertutup dan ikut menggelap.

Baca juga: Panduan Sebelum Memilih Warna Cat Eksterior untuk Rumah

Jika ruanganmu mengalami kegelapan, batasi warna gelap ke satu dinding, atau aksen, dan cat dinding lain dengan warna yang terang dan cerah.

3. Gunakan lampu LED

Lampu LED serbaguna dan paling baik digunakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan dengan desain yang inovatif.

Ada berbagai macam lampu LED yang membuatnya tepat untuk dipasang di ruang atau furnitur apapun agar membuka area yang luas dan membuat ruang terlihat lebih cerah dan lebih baik.

4. Jangan halangi cahaya dari jendela

Manfaatkan cahaya alami yang kamu dapatkan. Hindari tirai tebal dan pengamanan jendela yang menghalangi cahaya alami.

Sebaliknya, pilih opsi minimal, seperti tirai tipis transparan yang buram, sehingga tetap membuat cahaya tetap masuk dan tetap memberimu privasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com