Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Tanaman yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Udara Ruangan?

Kompas.com - 25/01/2021, 15:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias telah lama dikenal bisa memurnikan udara dalam ruangan yang beracun.

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (25/1/2021), sebuah penelitan yang dilakukan NASA menemukan bahwa tanaman hias mampu menghilangkan banyak racun yang disebabkan oleh senyawa organik seperti formaldehida dan benzena yang mudah menguap di dalam ruangan.

Meskipun sulit untuk mengatakan berapa banyak tanaman yang dibutuhkan untuk memurnikan udara dalam ruangan, direkomendasikan setidaknya dua tanaman berukuran besar untuk sekitar 9,3 meter persegi di dalam ruangan.

Baca juga: Simak, 7 Hal yang Bisa Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah

Peningkatan kualitas udara

Semakin besar tanaman dan daunnya semakin baik dalam penjernihan suatu udara, karena penjernihan udara dipengaruhi oleh luas permukaan daun yang ada.

Studi lain menemukan bahwa bahkan hanya satu tanaman hias di ruangan rata-rata 4x5 meter dapat meningkatkan kualitas udara sebesar 25 persen. Sedangkan memiliki lima hingga lebih tanaman di dalam ruangan dapat menghasilkan peningkatan kualitas udara hingga 75 persen.

Sementara itu, di dalam ruangan yang lebih besar, yakni 8x8 meter dibutuhkan 16 tanaman untuk meningkatkan 75 persen kualitas udara. Namun, untuk menghasilkan kualitas udara yang lebih baik dibutuhkan 32 tanaman.

Namun, hal ini juga berbeda-beda efeknya sesuai dengan ukuran tanamannya. Tanaman dengan luas permukaan daun yang lebih banyak dan lebar, serta pot yang lebih besar akan memberikan hasil terbaik.

 Baca juga: Trik Meletakkan Tanaman Hias di Ruang Tamu

Bakteri dan jamur di dalam tanah sebenarnya menggunakan racun yang telah diuraikan, jadi jika Anda dapat mengekspos permukaan tanah di dalam pot, dapat membantu dalam permurnian udara di ruangan.

Lantas, tanaman apa saja yang dapat memurnikan udara di ruangan?

Beberapa opsi yang dilaporkan oleh NASA, ada beberapa tanaman yang dapat memurnikan udara yakni golden pothos, Dracaena (Dracaena marginata, Dracaena ‘Janet Craig,’ Dracaena ‘Warneckii,’  “corn plant” Dracaena), Ficus benjamina, spider plant, philodendron dan lily.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com