Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2021, 11:50 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kamu memerhatikan akuarium dan melihat ikan cupang yang kamu rawat sudah dalam kondisi mati, itu mungkin bisa membuatmu terkejut dan merasa sedih.

Setelah berjuang untuk merawat ikan cupang dalam waktu yang tidak sebentar dan melihatnya mati tiba-tiba, kamu mungkin merasa amat kecewa.

Ketika ikan cupang milikmu mati mendadak, kamu pasti bertanya pada diri sendiri "mengapa ikan cupang saya mati tiba-tiba?

Baca juga: Cara Menangani Ikan Cupang yang Dibeli Online Ketika Baru Datang

Mengenai ikan cupang yang mati, terlebih mati mendadak, alasannya bisa di luar kendalimu, bisa juga tidak.

Jika ikan cupangmu mati mendadak, maka pastikan kamu membaca artikel ini untuk mengetahui penyebabnya, sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama lagi, dikutip dari beberapa sumber, Senin, (25/1/2021).

1. Air untuk ikan cupang tidak diolah

Jika kamu belum mengolah air keran atau air ledeng dengan deklorinator sebelum menambahkannya ke akuarium, kamu akan menjatuhkan hukuman mati untuk cupangmu, dan makhluk hidup lainnya.

Dechlorinator atau deklorinasi merupakan produk yang sangat efektif untuk menetralkan kadar klorin yang ada pada air ledeng.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Ikan Cupang Memuntahkan Makanannya

Klorin dalam air dirancang untuk membunuh bakteri apa pun, sehingga aman untuk diminum. Namun, ini juga membunuh ikan cupang serta bakteri menguntungkan di dalam akuarium.

2. Tidak membiarkan cupang beradaptasi

Jika kamu tidak memberi waktu kepada ikan cupangmu untuk menyesuaikan diri dengan pH dan suhu akuarium barunya, guncangan berikutnya pada sistemnya sering kali bisa berakibat fatal.

Untuk menyesuaikan diri ikan cupang ketika dipindahkan, kamu harus membuka kantong yang telah diangkut dan mengapungkannya di air. Setelah terapung sekitar 10-15 menit, kamu harus menambahkan sedikit air akuarium. Terus lakukan ini setiap 10 menit selama 45 menit hingga satu jam.

Ini akan memberi cupangmu banyak waktu untuk beradaptasi dengan parameter baru, dan ia tidak akan mati mendadak karenanya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com