Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menata Ruangan agar Lebih Luas dengan Karpet

Kompas.com - 24/01/2021, 12:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghias ruangan bisa menggunakan beragam cara, mulai memberikan aksesori, memilih furnitur yang tepat, menggantungkan karya seni, hingga melapisi lantai menggunakan karpet.

Fungsi karpet tak hanya untuk menghangatkan ruangan saja, namun bisa menjadi pemanis di dalam ruangan. Lebih dari itu, ketika menggunakan karpet yang sesuai dan tepat, ruangan pun bisa menjadi terlihat lebih besar.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (24/1/2021), meskipun tidak dapat memperbesar ruangan secara fisik, namun penggunaan elemen dekorasi seperti karpet yang tepat bisa memberikan kesan luas.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Karpet

Berikut beberapa langkah untuk menciptakan ilusi ruangan lebih luas menggunakan karpet.

1. Karpet dari dinding ke dinding

Memasang karpet lebar dari dinding ke dinding dalam sebuah ruangan dapat membantu membuat ruang terasa lebih besar dengan memberikan kesinambungan. Perubahan permukaan lantai memberikan visual menghentikan (stop) dan memulai (start) atau menjadikan pandangan terputus-putus untuk mata.

Sebaliknya, memiliki karpet yang memanjang dari dinding ke dinding berarti tidak ada yang bisa menghentikan pandangan mata, sehingga memberi kesan bahwa ruangan lebih luas dari yang sebenarnya.

2. Area karpet

Kunci penggunaan karpet agar ruangan terlihat lebih besar adalah menggunakan ukuran karpet yang tepat.

Kesalahan dekorasi yang umum dilakukan orang adalah memilih permadani atau karpet yang terlalu kecil, membuat ruangan terlihat berombak dan terputus-putus, sehingga terlihat lebih kecil.

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Karpet di Rumah

Ukuran karpet yang optimal untuk ruangan akan bergantung pada beberapa faktor, termasuk penempatan furnitur. Ingatlah selalu bahwa semua furnitur dalam sebuah ruangan harus diletakkan di atas karpet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com