Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2021, 08:50 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dapat mengubah tampilan dan suasana ruangan, karpet juga memiliki berbagai manfaat lainnya, yakni dapat menghangatkan rumah, sebagai pembatas ruangan, serta melindungi lantai rumah.

Dilansir dari Homes to Love, Senin (18/1/2021), di tengah musim hujan, karpet sangat penting bagi mereka yang memiliki lantai keras karena akan membantu melembutkan ruang dan menambah kehangatan.

Selain itu, ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dalam penggunaan karpet, sebagai berikut. 

Baca juga: Simak, Tips Memilih Warna Karpet

1. Membuat kamar gelap menjadi terang

Jika memiliki kamar yang kurang dalam penerangannya atau tidak ada jendela yang memadai, penggunaan karpet tipis dapat membantu mencerahkan tampilan di dalam kamar Anda.

2. Mengubah tema warna

Karpet memiliki kemampuan untuk menambah atau mengubah skema warna di sebuah ruangan. Pertimbangkan untuk membeli dua karpet dengan gaya yang berbeda untuk diletakkan di ruang tamu, yakni karpet tipis berwarna terang untuk musim panas dan karpet tebal dan gelap untuk musim dingin.

3. Menghangatkan ruangan

Dengan meletakkan karpet di atas lantai, akan membuat suasana lebih hangat, karena karpet dapat menahan dingin dari lantai.

4. Melindungi Lantai

Apakah Anda memiliki lantai kayu keras atau karpet, karpet dapat membantu melindungi dari tumpahan, noda dan lecet.

Baca juga: Hilangkan Bekas Furnitur di Karpet dengan Cara Ini

Tempatkan karpet di area dengan lalu lintas tinggi seperti ruang santai, atau di area tempat anak-anak bermain dan makan.

5. Mengurangi Kebisingan

Karpet adalah alat yang sangat efektif dan bergaya untuk mengurangi kebisingan di suatu ruangan. Tidak hanya lebih tenang berjalan di atas karpet daripada permukaan lantai yang keras, tetapi juga membantu menyerap suara dari udara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com