Kompas.com - 22/01/2021, 07:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memiliki fungsi untuk mempercantik ruangan, penggunaan karpet dalam ruangan juga dapat memberikan kesan lebih hangat dan nyaman.

Tak hanya itu, dengan menggunakan karpet, lantai rumah juga bisa terlindung dari goresan serta bisa mencegah anak-anak tergelincir dan terjatuh langsung di lantai yang keras.

Dilansir dari Country Living, Jumat (22/1/2021), meskipun sudah memilih gaya serta desain karpet, namun ada baiknya memerhatikan hal yang lebih detail mulai dari ukuran, hingga jenisnya sehingga tidak salah membeli. Pertimbangan ini dilakukan agar mendapatkan karpet sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Tips Memilih Karpet untuk Mempercantik Rumah

Lantas, apa saja pertimbangan lainnya? Simak ulasannya di sini.

1. Ukuran ruangan

Saat memilih karpet, penting untuk mempertimbangkan ukuran ruangan, apakah ingin melapisi semua ruangan atau hanya sebagian saja?

Jangan lupa untuk melakukan pengukuran yang tepat sebelum membeli karpet. Aturan praktis yang baik saat memetakan ruang karpet di ruang tamu adalah memastikan kedua kaki sofa depan berada di atas karpet.

Jika Anda memiliki kursi santai atau kursi beraksen, letakkan juga kedua kaki depannya di atas karpet, atau tepat di tepi jika Anda memiliki luas persegi. Saat menambahkan karpet besar ke kamar tidur, sebaiknya tempatkan keempat kaki tempat tidur di atasnya untuk keseimbangan.

2. Bentuk karpet

Meskipun sebagian besar karpet tersedia dalam bentuk persegi panjang standar dengan panjang dan lebar yang bervariasi, Anda bisa memilih karpet berbentuk lain sesuai dengan gaya dekorasi ruangan.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Noda di Karpet dengan 8 Bahan Ini

Menggunakan karpet bentuk persegi, oval, atau bahkan karpet bundar yang apik bisa menjadi pilihan bagus untuk kamar dengan tata letak yang sulit, atau di bawah tabel dengan berbagai proporsi.

Misalnya, cobalah karpet berbentuk kotak untuk menyambut tamu di pintu masuk, kemudian bentuk oval untuk di bawah meja atau versi bulat untuk di ruang tamu kecil.

Jika Anda ingin membuat daya tarik visual ekstra, memilih karpet persegi panjang dengan pola rumit adalah cara yang bagus untuk bermain dengan bentuk dan tekstur sekaligus tetap klasik.

3. Sesuaikan dekorasi ruangan

Setelah mengetahui ukuran dan bentuk permadani yang paling cocok untuk ruangan Anda, saatnya memilih warna dan pola apa yang paling menarik bagi Anda.

 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.