Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilangkan Bekas Furnitur di Karpet dengan Cara Ini

Kompas.com - 08/01/2021, 10:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan dasar meletakkan furnitur di ruangan yang memiliki karpet adalah memang di atas karpet. Hal itu agar ruangan terlihat lebih besar dan lega.

Namun, permasalahannya adalah ketika furnitur tersebut diangkat, akan menyebabkan bekas pada karpet.

Dilansir The Spruce, Jumat (8/1/2021),.bekas ini disebabkan oleh tekanan berat dalam jangka lama. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya.

Baca juga: 7 Aturan Meletakkan Karpet di Dalam Rumah

1. Gunakan es batu

Untuk menghilangkan bekas furnitur, es batu merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan. Caranya letakkan es batu sebanyak yang dibutuhkan sesuai dengan lebarnya bekas furnitur dan tebal karpet tersebut.

Kemudian diamkan selama satu jam, setelah es batu mencair, tepuk-tepuk karpet menggunakan handuk untuk menghilangkan kelembapan berlebih. Ini diperlukan terutama oleh karpet tebal.

Serat di karpet akan menyerap kelembapan dari es batu yang mencair. Ketika serat yang dikompresi tersebut menyerap kelembaban, karpet akan mengembang kembali ke bentuk aslinya.

Karpet mungkin tidak akan kembali seperti normal kembali, tetapi dengan bantuan peralatan dapur atau jari-jari Anda, Anda bisa mengembalikan serat-serat seperti aslinya. Oleh karena itu, perlu menepuk-nepuk bagian karpet menggunakan jari atau garpu untuk menghilangkan kelembapan.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Tren Karpet untuk Dekorasi Rumah

2. Gunakan setrika

Menindihkan setrika ke bekas furnitur di karpet juga bisa efektif. Isi setrika dengan air dan nyalakan ke pengaturan tertinggi. Pegang setrika empat hingga enam inci di atas bekas furnitur, sehingga uap akan membuat bekas furnitur menghilang.

Yang harus diperhatikan adalah jangan sampai setrika tertempel ke karpet. Setelah karpet terasa cukup panas dan telah menyerap cukup kelembaban, Anda bisa menepuk-nepuk seratnya dan menyedot debu hingga selesai.

3. Gunakan botol semprot dan hair dryer

Botol semprot yang diisi air dan hair dryer dapat memberikan kehangatan dan kelembapan pada bagian karpet yang memiliki bekas furnitur.

Pertama, semprotkan air secukupnya untuk melembabkan noda, kemudian nyalakan pengering rambut pada pengaturan tertinggi dan arahkan langsung ke arah yang memiliki bekas tersebut sekitar empat hingga enam inci sampai karpet panas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com