Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2021, 16:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya menjadi alas di lantai saja, namun penggunaan karpet pada ruangan memberikan nuansa dekoratif yang berbeda.

Berbagai motif dan warnanya bisa disesuaikan dengan tema interior masing-masing ruangan. Namun, tahukah Anda jika ada aturan untuk meletakkan karpet ini di ruangan?

Dilansir The Spruce, Selasa (5/1/2021), berikut aturan yang harus diperhatikan saat ingin meletakkan karpet di dalam ruangan.

Baca juga: Tips Memilih Karpet untuk Mempercantik Rumah

1. Di bawah furnitur

Saat memilih karpet, pastikan karpet tersebut berada di bawah semua perabot utama di dalam ruangan. Di ruang tamu, misalnya, semua furnitur harus diletakkan di atas kerpet.

Jika ini tidak memungkinkan, letakkan kaki depan furnitur di atas karpet.

2. Letakkan di tengah

Idealnya, Anda harus menyisakan jumlah ruang lantai yang sama di semua sisi karpet atau sekitar 24 inci dari semua sisi.

18 inci merupakan ukuran yang paling umum untuk menghitung dari sekeliling karpet, hal ini dilakukan agar karpet berada di tengah ruangan.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Noda di Karpet dengan 8 Bahan Ini

3. Hindari gunakan karpet terlalu kecil

Karpet tidak memiliki kegunaan jika berukuran lebih kecil daripada tempat tidur. Pastikan untuk mengukur sebelum membeli karpet tersebut.

Idealnya, karpet harus cukup besar untuk melampaui sisi tempat tidur setidaknya 12 inci untuk tempat tidur twin atau double, dan setidaknya 18 inci untuk tempat tidur queen atau king.

4. Menutup area yang sering dilalui

Hindari meletakkan karpet di area yang memiliki lalu lintas tinggi. Hal ini dilakukan agar kebersihan karpet tetap terjamin dan juga menghindari tumpahan makanan atau minuman yang dibawa oleh seseorang saat berjalan di atasnya.

5. Jangan takut dengan warna dan pola

Menggunakan karpet dalam rumah adalah cara yang bagus untuk memasukkan nuansa keceriaan dan kesenangan ke dalam ruangan, jadi jangan takut untuk memilih karpet berpola dan berwarna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com