Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Tidur? Pakai Cara Ini agar Kamar Semakin Nyaman

Kompas.com - 05/01/2021, 14:41 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepertiga hidup manusia berada di tempat tidur, oleh sebab itu kamar terutama tempat tidur harus dibuat senyaman mungkin sehingga bisa mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

Tidur yang berkualitas juga bisa membuat badan lebih segar sehingga dapat melakukan aktivitas di hari berikutnya.

Dilansir dari Homes to Love, Selasa (5/1/2021), ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar suasana kamar semakin tenang dan nyaman.

 Baca juga: Catat, Panduan Menentukan Warna Cat Kamar Tidur Menurut Feng Shui

1. Warna tenang

Warna cat dinding kamar dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Dinding yang berwarna cerah dapat memicu indera secara tidak sadar.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, pilih warna yang menenangkan seperti merah muda, hijau, putih, atau biru lembut.

2. Kasur yang baik

Tempat tidur yang nyaman dan bantal yang tepat menjadi hal terpenting untuk membantu tidur lebih nyaman. Sleep Health Foundation merekomendasikan untuk menjaga kepala Anda dalam posisi 'netral,' seperti yang Anda lakukan saat berdiri dengan postur yang baik.

3. Kebersihan

Usahakan untuk menjaga kamar Anda tetap bersih dan rapi setiap saat. Singkirkan pakaian atau apapun dari lantai sebelum tidur, jaga agar lemari pakaian tetap rapi dan pintunya tertutup di malam hari. 

Baca juga: Trik Gunakan Poster untuk Dekorasi Kamar Tidur

Selain itu, usahakan untuk meminimalkan furnitur dan barang-barang Anda di kamar tidur, sehingga menciptakan suasana yang nyaman.

4. Hindari meletakkan televisi

Banyak ahli tidur menyarankan bahwa paparan sinar biru dari perangkat elektronik seperti tv, dapat menjadi penyebab utama epidemi insomnia modern.

Menonton TV sebelum tidur akan merangsang otak Anda secara berlebihan dan mempersulit untuk tidur. Hal yang sama berlaku untuk laptop atau menambahkan meja kantor di kamar.

Satu-satunya tujuan di kamar tidur adalah untuk tidur, jadi jauhkan dari perangkat elektronik tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com