Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Penyebab Tagihan Air di Rumah Bisa Membengkak

Kompas.com - 05/01/2021, 12:17 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat air di rumah diperoleh dengan berlangganan terhadap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), tentu kamu wajib membayar tagihan penggunaan setiap bulannya.

Sayangnya, ada cukup banyak kasus di mana tagihan air seseorang di rumahnya menjadi membengkak. Kebanyakan dari mereka merasa tidak menggunakan air berlebihan, digunakan sewajarnya.

Untuk menghindarkanmu dari kasus tagihan air yang membengkak, kamu perlu mengetahui beberapa penyebab yang mengakibatkan tagihan air menjadi bengkak meski kamu tidak menggunakannya berlebihan.

Baca juga: 7 Benda yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Air

Dirangkum dari beberapa sumber, Selasa (5/1/2021), berikut ini beberapa penyebab yang bisa membuat tagihan air jadi membengkak.

1. Kebocoran besar

Kamu akan segera mengetahui apakah pipa saluran air di rumahmu mengalami kebocoran besar, karena kamu akan menemukan air mengalir keluar di suatu tempat di dalam atau di luar rumahmu.

Pipa yang rusak adalah penyebab paling umum, tetapi kebocoran juga dapat terjadi jika pemanas air baru atau alat lain tidak dipasang dengan benar.

Kebocoran besar dapat meningkatkan tagihan air kamu dengan cepat, dan dapat menyebabkan kerusakan parah. Matikan air dan segera hubungi pihak berwenang.

Baca juga: Ingat, Jangan Buang 7 Benda Ini ke Saluran Air di Dapur

2. Kebocoran kecil

Kebocoran kecil lebih sulit ditemukan, tetapi dapat meningkatkan tagihan airmu dan pada akhirnya dapat menjadi masalah yang lebih besar.

Jika toiletmu terus mengalir setelah disiram, maka kamu memiliki keran atau pancuran yang terus-menerus menetes. Atau sistem irigasi luar ruanganmu mengeluarkan suara aneh, pipa saluran air mungkin mengalami kebocoran yang kecil.

Bergantung pada seberapa pandainya dirimu terhadap pekerjaan rumah, kamu mungkin dapat menemukan dan memperbaiki sendiri kebocoran kecil pada pipa saluran air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com