Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Tisu Basah Antiseptik

Kompas.com - 20/12/2020, 15:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat warga dunia semakin memperhatikan kebersihan dan higienitas. Membawa cairan pencuci tangan atau hand sanitizer dan tisu basah antibakteri pun kini sudah lazim.

Selain melindungi diri dari virus dan bakteri, benda-benda di rumah pun perlu dibersihkan dengan disinfektan atau cairan pembersih yang mengandung zat antibakteri. Tisu basah antiseptik serbaguna dapat menjadi pilihan.

Meski demikian, tidak semua benda di rumah bisa dibersihkan dengan tisu basah antibakteri.

Baca juga: Cara Membersihkan Gelas Kaca yang Buram, Bisa Kembali Bening

Dilansir dari Family Handyman, Minggu (20/12/2020), berikut beberapa benda di rumah yang tidak boleh dibersihkan dengan tisu basah antiseptik.

1. Mainan anak

Saat Anda menyeka permukaan dengan tisu basah antibakteri, Anda akan melihat noda kotoran pada kain putih. Apa yang tidak Anda lihat adalah apa yang tertinggal, yakni bahan kimia.

"Alasan utama saya percaya bahwa orang tidak boleh menggunakan tisu basah antibakteri sebagai tisu basah setiap hari adalah karena kami melihat peningkatan bakteri yang kebal antibiotik,” kata John Manolas, ahli kimia dan salah satu pemilik Whyte Gate.

“Beberapa penyebab fenomena ini adalah sabun dan tisu antibakteri. Sebagian besar permukaan mungkin sama-sama bebas kuman setelah pembersihan rutin dengan sabun dan air atau pembersih rumah tangga lainnya,” imbuh Manolas.

Baca juga: Panduan Membersihkan Rumah Jelang Natal

Ia juga menekankan, orang tua tidak boleh menggunakan tisu pada mainan anak-anak karena anak-anak cenderung memasukkan mainan tersebut ke dalam mulut.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan cuka dan air. Tambahkan setengah cangkir cuka ke wadah berisi sekitar 3 liter air dan seka mainan dengan larutan tersebut.

Jika mainan tersebut tahan air, Anda harus merendamnya dalam larutan cuka setidaknya selama 15 menit untuk membunuh bakteri apa pun. Bilas sampai bersih dan biarkan mengering.

Ini adalah cara tidak beracun yang bagus untuk membersihkan mainan. Jika mainan masih berbau seperti cuka setelah kering, pastikan untuk membilasnya lagi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com